Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

Yuk, Hilangkan Budaya Surat Cinta untuk Kakak Kelas saat MOS

Bagikan, insya Allah jadi amal kebaikan

Benih -benih budaya pacaran sudah disebar sejak peserta didik baru mengikuti acara MOS disekolah baru mereka. Saatnya kita putus budaya itu!

Saya masih ingat sewaktu adik saya MOS di sebuah SMA negri favorit di bandung. Di salah satu tugasnya ada yang cukup bikin bibir saya monyong berbusa hebat : buat surat cinta untuk kakak kelas lawan jenis.

Saya gak tahu tujuan pastinya apa dari tugas ini tapi sungguh tidak sesuai untuk anak remaja dan mengajarkan pengertian yang buruk tentang cinta. Kamu jadi panitia? Coba dong tanyain maksud dari tugas ini apa? Bagi saya bikin mual saja, adik saya terpaksa membohongi diri sendiri seolah cinta pada kakak kelas.

Ini kerusakan yang masif. Terjadi di berbagai sekolah dan dipandang remeh oleh jajaran guru dan orang tua.

Cinta gak bisa direkayasa, jadi jangan dipaksa untuk mengungkapkannya. Berterima kasih ke kakak kelas juga tidak bisa dengan mengarang-ngarang surat cinta. Memangnya enak dapet surat cinta karena tugas MOS sekolah? Kenapa sih harus surat cinta?

Efek buruk

Tugas ini mengajarkan adik-adik untuk pacaran. Jelas banget itu. Belajar untuk nembak lebih tepatnya. Bagi kakak kelas, tugas ini mengajarkan mereka jadi arogan dan jumawa. Sebab kakak kelas yang dapet surat cinta paling banyak akan cenderung ujub dan superior dibanding panitia lainnya.

“Tugas ini membuat adik-adik lebih akrab dengan kakak kelas”. Ow, tunggu dulu.. bukan akrab… tapi terlalu akrab lebih tepatnya.. yang bisa menjurus pada pacaran.
Padahal dalam islam, pergaulan ikhwan dan akhwat mesti ada hijabnya. Jangan terlalu cair karena setan bisa mengambil peran di sana.

Yuk kita Jiddiyah!

Budaya ini sudah mendarah daging bertahun-tahun. Saatnya generasi muda menghentikannya dan menggantinya dengan sesuatu yang lebih bermanfaat dan menjaga hijab antara ikhwan dan akhwat. Misal.. jangan bikin surat cintanya ke lawan jenis.. ganti dong jadi surat doa dan semangat untuk kakak kelas yang sejenis. Doakan mereka jadi kakak yang baik dan penuh teladan. Doakan mereka bisa semangat belajar dan mencapai cita-citanya.

Sekolah kamu termasuk yang ada tugas membuat surat cintanya?