Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

Tutorial Membuat Label Undangan Pernikahan – Word + Excel

Di tutorial kali ini saya ingin berbagi ilmu membuat label undangan pernikahan yang cepat dan efisien. Toolnya juga gampang Word dan Excel aja. Saya ngejelasinnya via gambar dan video. Di bagian akhir kamu bisa download template dan file latihannya. Super lengkap deh 🙂

Hampir tiap minggu saya dan istri  me-liqo di PUSDAI Bandung. Di sini selalu ramai dengan acara walimahan di gedung serbagunanya. Padahal kan biaya sewa gedung PUSDAI itu mahal. Pasti orang yang walimah di sana punya budget besar untuk menghelat pesat akbar itu. Dulu saat saya akan melamar istri saya juga pernah kepikiran mau walimah di PUSDAI. Tapi ya kan kata Rasulullah menikah itu harus dimudahkan. Dimudahkan walimahnya, dimudahkan maharnya, dimudahkan prosesinya. Jadinya saya batal walimah di PUSDAI hehe.

Nah, ngomong-ngomong ‘dimudahkan”, saya ingin kamu juga dimudahkan saat membuat undangan walimah kelak. Bikin undangan itu biasanya yang paling ribet menulis alamat tujuan. Kebayang kan kalau undangan ada 500, jari kita bakal keriting kalau alamat ditulis satu per satu. Di sini akan saya jelaskan selengkap mungkin insya Allah cara membuat label undangan pernikahan biar kamu juga bisa bikin sendiri di rumah. Softwarenya cukup pakai Microsoft Word 2010 dan Excel 2010 aja.

Menyiapkan Ukuran Label

Ukuran label itu ada macem – macem. Biasanya yang jadi acuan ukuran label itu adalah TnJ label. Situsnya ada di http://tjlabels.com. Tapi situs ini servernya sering down. Oleh karena itu saya sediakan mirrornya disini.

gallery_full_3
perhatikan label size dan bentuk aslinya

Nah, silahkan dipilih, kira-kira ukuran labelnya mau ukuran yang mana. Kalau sudah ada ukuran yang cocok, download templatenya di sini :

 

Kalau kamu udah Download isinya kurang lebih seperti ini (no. 104):

[gview file=”http://rohis.itsar.org/wp-content/uploads/2014/10/1041.doc” save=”0″]

PERHATIAN! Jika yang kamu dapati hanya kertas putih saja (tanpa kotak-kotak seperti di atas), berarti tabelnya belum diberi warna border hitam. Cara memberi border hitam adalah seperti berikut :

 

  1. Klik kotak dengan 4 arah angin di pojok kiri atas sampai tabel terseleksi.
  2. Ganti border menjadi All Bordres.
Langkah menampilkan border pada tabel
Langkah menampilkan border pada tabel

 

Menyiapkan Nama dan Alamat para Undangan

Sejenak kita tinggalkan dulu file Word. Kini kita beralih ke Microsoft Excel. Siapkan nama dan alamat undangan lalu isikan tabel di microsft word dengan urutan seperti ini disesuaikan dengan kebutuhanmu :

Contoh nama para undangan
Contoh nama para undangan

Kalau sudah di save. Jangan lupa dimana kamu menyimpan file tersebut ya! Bagusnya sih satu folder dengan file word label yang baru saja kita persiapkan agar mudah dicari..

Mulai Mail Merge

Kini kita akan menyiapkan mail merge untuk mengisikan nama dan alamat ke label yang kita buat. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Buat kelengkapan tabel seperti “Kepada” atau “Kepada Yth” di tiap tabel

"Kepada"
“Kepada”

2. Mulailah “Step by Step Mail Merge Wizard”. Temukan di Mailings > Start Mail Merge > Step by Step Mail Merge Wizard..

step by step mail merge wizard
step by step mail merge wizard

 

3. Akan muncul sidebar Mail Merge di kanan jendela. Pilihlah Labels pada Select document type, lalu Next: Starting Document

Step 1 : Select document type
Step 1 : Select document type

4. di step 2 Pilih Use the current document. Skip label options, klik Next: Select Recipients

Step 2
Step 2

5. Akan muncul jendela “Label Options”, kita tidak akan merubah apa-apa jadi klik OK saja. Jika muncul tawaran menghapus seluruh isi word, klik cancel.  Di step 3 pilih Use an existing list. kemudian klik Browse.. cari file Excel yang sudah kita save barusan. Saat muncul jenedela “Select Table” pilih Sheet 1 lalu klik OK. Saat muncul jendela “Mail Merge Recipients” klik OK lagi. Lanjut ke Next : Write your letter.

2014-10-28_13-23-16
Step 3 : Select Recipients
2014-10-28_13-22-03
Klik OK
2014-10-28_13-22-15
Klik OK

6. Selanjutnya kita akan memasang Rules ke dalam label kita. Caranya, di bawah kata “Kepada” masukkan Merge Field <<Nama>> seperti gambar di bawah ini :

>
<>

Caranya adalah Mailing > Insert Merge Field > Nama

Insert Mail Merge Field
Insert Mail Merge Field

Sehingga jadi seperti ini :

Ada tag Name di bawah "Kepada"
Ada tag Name di bawah “Kepada”

Jika kamu klik Preview Results hasilnya akan memunculkan nama yang sama di bawah kata “Kepada”.

Preview results
Preview results
Namanya masih sama. Santai
Namanya masih sama. Santai

Biar tiap label memunculkan nama yang berbeda, kita harus memberi Rules pada tag <<Nama>>. Caranya tempatkan tag «Next Record» sebeleum tag <<Nama>>. Caranya tempatkan kursor sebelum tag <<Nama>> di label manapun selain label paling kiri atas lalu Klik Rules > Next Record

Memasukkan Rules
Memasukkan Rules
Next record
Next record

sehingga jadi seperti ini :

Hasil jadinya
Hasil jadinya

Kalau kamu klik Preview Results hasilnya akan jadi seperti ini :

Hasil jadi
Hasil jadi

Selamat! kamu udah 80% berhasil lho! Selanjutnya sekarang adalah menambahkan alamat untuk setiap Nama. Caranya sama dengan yang di atas. Saya serlihatkan shortcutnya ya :

hasil akhir
hasil akhir
Hasil akhir
Hasil akhir
Perhatikan bahwa untuk tag <<alamat>> tidak perlu didahului dengan tag <<next record>>

Saatnya diprint!

Setelah semua langkah – langkah melelahkan, saatnya kita print kawan! Caranya ke Finish & Merge > Print documents.

Print Documents
Print Documents
Print Documents
Print Documents

Pilih All untuk memprint semua nama-nama yang ada di file Excel, Current Record hanya memprint data yang tampil dilembar kerja MS Word sedangkan pilihan From adalah pilihan print jumlah nama-nama undangan. Bebas mau pilih yang mana 🙂

Video Tutorial Membuat Label Undangan Pernikahan

Kamu juga bisa melihat saya beraksi membuat label via video yang saya rekam, semoga bisa membuatmu semakin mudah membuatnya :

 

Download File

Ada cara lebih cepat lagi, yaitu menggunakan file latihan yang saya gunakan dalam tutorial ini. Tinggal kamu ganti namanya di dalam file excel, insya Allah nama di Word juga berubah 🙂 Link Download akan muncul setelah kamu me-Like Page Facebook kami. Enjoy!

 

Related Posts