Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

Tutorial Membuat Aplikasi Android Rohis tanpa Coding

Bagikan, insya Allah jadi amal kebaikan

Hampir semua anak SMA punya smartphone. Ada yang OSnya Android, iPhone, Blackberry, dan Windows phone. Kayaknya asyik juga kalau Rohis kamu bisa bikin aplikasi mobile yang bisa dibuka langsung dari smartphone teman-teman kamu ya kan?

Saya bakal ajarin kamu cara bikin aplikasi mobile Rohis biar Rohis kamu makin eksis dan selangkah lebih maju dan lebih high tech dibanding ekskul lainnya. Gak hanya itu, teman – teman kamu juga bisa tahu informasi Rohis terupdate langsung dari HP mereka, seperti jadwal rapat, info kegiatan sampai blog Rohis kamu! Yang lebih kerennya lagi, aplikasi mobile yang saya bakal ajarin sekarang gak terbatas untuk HP Android aja, tapi juga bisa dibuka di iPhone, Black Berry dan Windows Phone juga. Susah gak ya? Kagak! karena bikinnya gak perlu ngerti koding alias programming, cukup drag and drop aja. Penasaran kan…? Yuk kita bareng – bareng bikin!

Tutorial ini dibagi jadi dua bagian. Bagian pertama kita bikin konten aplikasinya. konten aplikasi ini nanti jadinya berupa tampilan di web, bisa dibuka oleh smartphone dengan OS apa aja. Nah,  yang bagian dua kita bikin .apk nya biar bisa diinstal di Android.

1. Buat Konten di appmakr.com

Kunjungi appmakr.com. Begini tampilannya :

image

Disana ada pilihan bahasa Indonesia 🙂 . Tapi saya lebih nyaman pake bahasa Inggris. So, kita lanjut saja ya.

Klik LOGIN/EDIT.

Selanjutnya kita akan masuk ke tampilan ‘The Machine’. Sayang, ada gambar cewek gak berjilbabnya. :(. Kita bisa pilih mau sign in pake akun Google, Facebook, Twitter atau Yahoo!. Saya lebih suka pake facebook. Bebas, mau yang mana kamu mah.

image

Nanti akan ada window yang minta persetujuan terhubung antara Facebook dan appmakr. di-OK aja.

Selanjutnya akan ada Publisher Dashboard. Ini tempat kita akan membuat konten aplikasi mobile kita.

image

Karena kamu baru masuk, pasti tampilan Dashboardnya masih kosong melompong. Kalau saya udah pernah bikin satu biji makanya ada isinya.

Klik “Create a NEW App”  buat bikin konten aplikasi kamu.

image

Selanjutnya kita akan mengisi identitas diri dan nama aplikasi.

1. Isikan nama aplikasinya mau apa, terus isi nama lengkap kamu, dan alamat email.

2. Kalau mau lihat video, silahkan. Selanjutnya klik Next Step.

image

Kini kita akan menambah fitur-fitur ke dalam aplikasi kita.

1. Rubah Header

Rubahlah header dengan mengklik gambar “ABC” seperti di gambar. Beri nama header sesukamu. Hasil akan muncul di layar smartphone paling atas. dalam contoh ini header yang saya gunakan adalah “Itsar” dengan warna biru dan jenis font Arial.

image

2. klik tanda X untuk kembali ke awal.

image

3. Memasukkan fitur media sosial. Klik “Social Feeds” pada bagian Available in-App functions. Drag and Drop icon media sosial yang Rohis kamu punya. Di sini saya memasukkan Twitter dan facebook.

 

image

4. Klik icon facebook. Kemudian, di Facebook URL masukkan url dari facebook rohis kamu. biasanya formatnya seperti ini : http://www.facebook.com/nama_rohis_kamu. Begitu juga dengan twitter. Klik icon twitter lalu masukkan username twitter rohis kamu. Karena akun Itsar itu @ITSAR_ID, maka cukup masukkan ITSAR_ID tanpa ‘@’.

image

5. Untuk melihat hasilnya, klik “Live Preview”.

SNAGHTML6794338

Yang twitter bisa dilihat live previewnya. Kalau Facebook gak bisa, karena terbentur aturan facebook. Nanti kita akan lihat saat aplikasinya sudah jadi.

 

6. Menambah icon blog Rohis. Kamu juga bisa memasukkan icon untuk mengakses blog Rohis kamu. Caranya, klik MyBlog pindahkan ke layar HP.

SNAGHTML6931e1c

7. Kalau sudah, masukkan di Feed URL, Link dari RSS Feed dari blog kamu. Seperti contoh disini, RSS feed dari Blog Rohis.Itsar.Org adalah http://rohis.itsar.org/feed/. Biasanya format link RSS Feed adalah http://blog_kamu.com/feed/. Atau bisa juga kamu cari logo image atau tulisan RSS atau feed di blog kamu , lalu klik icon tersebut untuk menuju RSS Feed dari blog kamu.

image

8. Kalau sudah, kembali lihat live preview.

image

9. Masukkan fungsi – fungsi lainnya. Ada puluhan fungsi yang bisa kamu pilih di bagian Available in-app functions seperti fitur Live chat, tumblr, konten html, gambar dan video yang sayangnya gak bisa saya jelasin satu – satu disini. Silahkan eksplorasi lebih jauh dan trial and error untuk semakin membuat aplikasi kamu makin keren. Jangan kuatir, kalau kamu ada kesulitan, saya siap membantu. Komen saja di bawah akan saya balas insya Allah.

image

10. Saya sedikit merubah ukuran icon dan gambar icon serta gambar background agar terlihat ciamik.

image

NEXT. Kini kita sudah siap untuk mempublishnya. klik NEXT untuk berpindah ke proses selanjutnya.

SNAGHTML6ac9935

Di proses selanjutnya kita diminta untuk memasukkan beragam informasi mengenai aplikasi kita. Biar cepat, isikan yang wajib – wajib saja yaitu : Project Title, Write a Description dan Add some Tags. Kalau ketiga bagian itu tidak kita isi, kita tidak bisa lanjut ke proses selanjutnya. Jangan lupa di save ya. biar gak ilang settingannya.

image

NEXT. Klik Next untuk menuju bagian konfirmasi. pastikan tulisan YES, I have reviewed my app, and it’s ready to publish to the markets. Sudah dicentang. Selanjutnya klik Ready! Next Step.

image

pilih Basic-Free lalu centang FREE dan klik Ready! Next Step.

image

Centang tulisan I agree to the AppMakr Terms and Conditions, and the Google Play Publishing Guidelines. Lalu klik Publish my app Now.

SNAGHTML6b7f1d0

Selamat! Kontenmu sudah jadi! Kamu sudah bisa melihat hasil jadinya di link yang diberitahu. Kalau aplikasi saya linknya adalah http://h.fanapp.mobi/itsar.

Kalau diklik maka akan muncul di web browse.

image

Silahkan link ini disebar ke semua pengguna teman – teman kamu biar mereka bisa membuka aplikasi ini di web browser mereka. 🙂

2. Buat .apk agar bisa diinstal di Android.

insya Allah dibahas beberapa hari lagi.. gampang insya Allah…. 🙂

Sebenarnya di appmakr.com kamu udah bisa mempackagenya menjadi aplikasi Android, tapi disana harus bayar. Lho? Nah, kita bisa akali agar aplikasi tetap bisa dipackage menjadi Android dan gratis… Agar bisa dipaket di dalam aplikasi android .apk, kita membutuhkan aplikasi tambahan yaitu ibuildapp.com. Di aplikasi ini kita akan memanggil URL dari appmakr dan dimasukkan ke ibuildapp.com dan tadaaa…. jadilah aplikasi Adnroid .apk gratis..!

Pertama – tama kunjungi ibuildapp.com. Tampilannya seperti ini :

2015-04-13_17-04-36

 

Klik Login/Register. Disana ada pilihan bisa register pake Facebook. Boleh dipake tuh. Tapi kamu juga bisa input secara manual disana..

2015-04-13_17-07-29

 

Nah! Kita masuk ke dalam dashboard. Langsung klik si kotak oren “CREATE NEW APP”

2015-04-13_17-10-50

Pada bagian template, kita bisa pilih berbagai desain untuk aplikasi android kita. Namun, untuk tutorial ini kita akan gunakan CUSTOM TEMPLATE. Jadi pilih, gambar yang ada bintangnya..

2015-04-13_17-17-54

Pilih Background yang diinginkan. Bisa warna polos, gambar udah jadi atau kita upload sendiri. Saya pilih yang udah jadi saja… Selanjutnya drag button ke tengah tampilan, lalu beri label yang diinginkan.

2015-04-13_17-21-01

 

Klik save.

2015-04-13_17-34-01

Akan muncul TEMPLATE INFO. Beri deskripsi secukupnya lalu klik SAVE.

Akan muncul pilihan CREATE APP atau PUBLISH. Pilih CREATE APP aja.

2015-04-13_17-35-48

Saat diminta memilih kategori app, pilih saja personal.

2015-04-13_17-40-31

 

Kita masuk ke bagian edit App. Pada button yang ktia buat barusan akan muncul tanda seru. Santai. Klik untuk merubah propertiesnya.

2015-04-13_17-44-47

Kita akan diarahkan untuk MANAGE CONTENT. pilih change feature.

2015-04-13_17-47-46

 

Akan muncul jendel BUILT IN FEATURES. pilih WEB.

2015-04-13_18-30-10

Di bagian Manage masukkan URL yang sudah kita buat di appmakr.com => http://h.fanapp.mobi/itsar. Kalau sudah klik PUBLISH..

2015-04-13_18-34-42

Akan muncul tawaran untuk berbagi aplikasi. Kita gak akan ke sana dulu. Jadi pilih saja not now, thank you.

2015-04-13_18-40-33

 

Setelah itu akan muncul tawaran berbayar untuk memasarkan di Google Play. Tak usah dihiraukan, karena kita kan maunya gratisan aja wkwkwkwk… Jadi klik X di bagian kanan atas.

Oya, kamu bisa edit nama aplikasi di tulisan NewApp ini, klik aja di bagian Edit.

2015-04-13_18-43-11

Selanjutnya kita akan mengunduh versi .apk dari aplikasi ini. Klik Test Your App.

2015-04-13_18-45-51

Pilih mendapatkan aplikasi via email :

2015-04-13_18-47-37

 

Masukkan alamat email kamu untuk langsung mendapat link download aplikasinya.. klik SEND. Kalau berhasil akan muncul tulisan berikut ini :

2015-04-13_18-51-05

Nah, bisa deh kamu download trus diinstal di HP kamu dan teman – teman kamu. Cheers!

NB: Buka emailnya harus di HP, gak bisa di komputer. Inga.. inga…

2015-04-13_18-52-293. Gimana? Ada pertanyaan?

Susah gak guys? Semoga lancar ya. Kalau ada yang dibingungin jangan tanya ke dukun. Komentar aja di bawah ya.. Semoa berhasil.. 🙂

Related Posts