Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

Tutorial Lengkap Membuat Biodata Taaruf [DOC + PDF]

Tulisan ini saya persembahkan kepada pejuang cinta yang menginginkan keberkahan dalam proses mencari jodohnya. Karena kalau dimulai dengan sesuatu yang baik, yakinlah akhirnya akan baik juga.

Proses pencarian jodoh dalam islam bisa lewat dua cara. Yang pertama via perantara. Bisa lewat guru ngaji atau siapapun yang sudah menikah. Yang kedua cara koboy, yaitu kamu dateng ke orang tua akhwat, langsung ‘tembak’ bapaknya (walinya) dan utarakan keinginan menikahi sang akhwat.

Cara koboy ini jarang dipake, karena membutuhkan mental siap diterima dan siap ditolak di tempat. Kemungkinannya 50:50 alias ‘gimana Allah aja’ karena banyak faktor x yang menentukan diterima atau ditolak kunjungan kita. Ada satu temen saya nyoba cara koboy terus ditolak. Awalnya tegar tapi akhirnya nangis juga :'(. Kamu kalau mau nyoba juga boleh. Tapi nanti ya, setelah lulus SMA aja. Saya takut kamu depresi gak lulus UN kalo ditolak sama bapaknya :-D. Kapan-kapan deh kita bahasnya ya.

Yang kita bahas sekarang tentang cara taaruf aja ya. Dasar hukumnya ada di surat ini :

(Surat Al Hujuraat ayat 13) ” Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa – bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisiAllah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. “

Tak kenal ya ta’aruf. Masa pacaran? Itu mah cara nyari jodoh jaman jahiliyyah. Islam datang membawa solusi. Kenalilah calon istrimu agar mantap jika kau hendak meminangnya. Tapi yakinilah satu hal, sedalam apapun kamu mencoba mengenalnya, tetap itu hanya sebagian kecil dari keseluruhan kepribadiannya. Sisanya akan kamu ketahui saat kamu benar-benar menjadi pendampingnya dunia akhirat.

Prinsip Utama

Pada prinsinpnya tujuan taaruf adalah mencari jodoh yang sesuai, sekufu, dan diridhai Allah. Gak boleh ada niatan syahwat atau sekedar iseng uji kelayakan dalam hal perjodohan. Emangnya mobil esemka, pake uji kelayakan segala. 😛

Kalau niat sudah lurus langkah selanjutnya adalah membuat biodata. Kalau kamu berfikir biodata taaruf sama kayak bikin resume buat melamar kerja maka kamu gak salah-salah amat. Biodata ini harus dibuat lengkap dan meyakinkan tapi gak bertele-tele yang bikin bacanya jadi ngantuk. Tidak terlalu singkat/sedikit seperti informasi di Kartu Tanda Penduduk tapi juga tidak terlalu detil seperti company profile.

Keep in mind bahwa kamu ingin menceritakan dirimu apa adanya. Gak ada yang ditutup-tutupi atau dimanipulasi. Tidak ada fakta yang disembunyikan tentang pekerjaan dan penghasilan, keluarga dan orang tua serta informasi yang dianggap perlu dan seringkali menjadi pertimbangan penting yaitu masalah penyakit yang pernah dan sedang diderita.

Ungkapkan identitas sejelas-jelasnya. Informasi ini akan dibaca oleh seseorang yang akan mendampingimu dalam sisa hidupmu. Jadi pastikan dia bisa mengetahui berbagai hal tentangmu dengan jelas.  Jangan lupa juga ceritakan cita-citamu setelah menikah. Menikah ibarat akan menaiki sebuah biduk bersama. Kalau laki-laki jadi nakhodanya. Nah, yang perempuan jadi penumpangnya. Penumpang dan nakhoda harus satu jurusan biar harmoni dan selaras. Dari awal kamu harus bisa menjelaskan cita-cita ke depan mau kayak gimana. Punya mimpi keliling dunia misalnya, atau belajar ke Negri Cina. Dengan begitu calon pendamingmu juga bisa mengira-ngira konsekuensi apabila nikah denganmu seperti apa. Sehabis itu bisa nyambung taarufnya, atau gak lanjut.

Yuk, kita mulai mengisi biodatanya. Bismillah…

Bagian I. Informasi Administratif

Gak ada aturan yang baku mengenai format biodata ini. Yang penting akurat, tajam, dan terpercaya. Kayak slogan acara berita di tv itu lho wkwkwkwk.. Di bagian I ini berisi informasi administratif. Berkaitan dengan informasi yang ada bukti / fakta tertulisnya. Jadi tuliskan seadanya.

Informasi Pribadi

Kita mulai dari bagian informasi pribadi.

image

 

 

Informasi pribadi ini berkaitan beberapa informasi umum. Isinya seputar data diri, fisik, dan latar belakang keluarga. Akun FB dan Twitter juga penting agar partner taaruf bisa menyelidiki kepribadian kamu seperti apa dari status, tweet dan foto yang diunggah. Hal ini bisa menambah referensi partner dalam mengambil langkah selanjutnya.

UPDATE : Kalau kamu punya Blog, masukkan juga ke Informasi Pribadi yah! 🙂

Riwayat Pendidikan

Isikan riwayat pendidikan dari PAUD hingga saat ini. Sebutkan keterangan Negri/Swasta Islami atau Umum.

image

Dari informasi riwayat pendidikan, partner taaruf bisa memperkirakan apakah kamu sekufu (sepadan) dalam hal tingkat pendidikan. Selain itu partner juga bisa mencari tahu sesiapa kiranya yang berasal satu alamamater denganmu untuk keperluan investigasi (yep, proses taaruf memang nyerempet-nyerempet dengan kegiatan stalker 😛 ). Memang tidak selalu, namun pertimbangan kenapa harus sekufu dalam hal tingkat pendidikan biasanya agar nyambung diajak komunikasi. Kalau kamu lulus kuliahnya cukup lama juga terkadang akan jadi bahan pertanyaan juga. Kenapa lama? Apa kendalanya? Partner biasanya bertanya seperti itu untuk mengetahui visi kamu dalam hal pendidikan anak kelak.

Diklat dan Training

Isikan berbagai pelatihan, pendidikan dan/atau training yang pernah kamu ikuti.

image

Isi sejak kamu kecil sampai saat ini. Biasanya partner taaruf bisa menyimpulkan seberapa serius kamu medalami suatu topik dari pelatihan ini. Umumnya seorang manusia mencari pasangan hidup yang bisa melengkapi hidupnya. Kekurangan kamu akan dipenuhi oleh kelebihannya. Kekurangannya akan dipenuhi oleh kelebihanmu. Tapi ada juga yang nyari kesamaan, biar spiritnya dapet, yeah!

Prestasi

Isikan berbagai prestasi yang pernah kamu dapet. Juara kelas, juara lomba, atau lainnya.

image

Prestasi akan menandakan seberapa besar percaya diri kamu. Tapi bisa juga membuat partner taaruf ingin melihat seberapa tawadhu sih kamu tuh. Prestasi seabreg tapi kalau belagu, hmm.. jadi pertimbangan juga kan. Inget juga bahwa keluarga besar partner taaruf juga akan membaca biodata ini. Biasanya yang mereka lihat tabel Prestasi dan Riwayat Pendidikan.

Pengalaman Kepanitiaan

Isikan berbagai kegiatan yang pernah kamu terlibat di dalam kepanitiaannya.

image

Tahu gak kepanitiaan terbesar dalam hidup apa? Ya berumah tangga lha! Semakin kamu berpengalaman dalam kepanitiaan, berarti kamu semakin gokil manajemen sumberdayanya. Udah jadi pandangan umum bahwa seseorang yang sering berkepanitiaan mempunyai skill komunikasi dan team work yang bagus. Pasangan hidup kamu sangat membutuhkannya!

Pengalaman Berorganisasi

Isikan berbagai organisasi yang pernah kamu terlibat di dalamnya.

image

Keterlibatan kamu dalam sebuah organisasi akan memperlihatkan ideologi yang kamu miliki. Setinggi apa jabatan kamu dalam organisasi itu dan selama apa masa keanggotaanmu akan menandakan seberapa dalam ideologi yang kamu miliki.

Pengalaman Kerja

Isikan pengalaman bekerja kamu atau pengalaman bisnis kamu.

image

Pengalaman kerja penting untuk melihat kematangan dalam memberi nafkah keluarga bagi ikhwan. Sementara untuk Akhwat akan menjadi pertimbangan tersendiri. Akhwat memang tidak berkewajiban mencari nafkah, karena sebenar tugas Akhwat adalah mengelola rumah tangga. Namun Akhwat yang bekerja memberi sinyal kemandirian, bisa membantu ekonomi keluarga jika suami mengijinkan.

Keahlian Khusus

Isikan keahlian yang kira-kiranya menjadi hobi kamu atau menjadi daya tarik sendiri bagi kamu.

image

Ini nilai tambah aja sebenarnya. Bisa membantu untuk meyakinkan partner taaruf bila momentumnya tepat. Apa perasaanmu saat mengetahui partner Taaruf jago main sulap atau bernyanyi? 🙂

Bagian II. Lebih Jauh Tentang Saya

Nah, di bagian II ini banyak deskripsi bebas. Sifatnya naratif. Kamu bebas bercerita dengan gaya kamus sendiri. Dibawa enak aja, biar ceritanya ngalir apa adanya. Tetap ikut aturan : JANGAN DIBUAT-BUAT/LEBAY/ DIMANIPULASI ya.

Tentang Saya

Isilah dengan narasi yang jelas poin – poin berikut ini.

image

Ceritanya usahakan dalam kalimat panjang ya. Jangan pendek-pendek. Sulit membayangkannya nanti. Tapi jangan jadi Novel juga. Proporsional saja lah ya.

Keluarga Saya

Isilah dengan narasi yang jelas poin – poin berikut ini.

image

Jelaskan kondisi ayah, ibu, kakak dan adik sekarang. Bisa dari segala aspek. Saran saya masukkan juga narasi mengenai pandangan orang tua mengenai konsep pernikahan Islami, mengenai jodoh yang tidak berasal dari suku yang sama atau jodoh yang umurnya beda jauh. Kondisi ekonomi juga penting diceritakan. Adakah kamu menanggung ekonomi keluarga atau ada kondisi lainnya. Kondisi keagamaan dalam keluarga juga jangan lupa. Adakah mereka anti dengan kelompok Islam tertentu atau tidak.

Kebiasaan Saya

Isilah dengan narasi yang jelas poin – poin berikut ini.

image

Dengan mengetahui kebiasaan Kamu, partner Taaruf bisa melihat persamaan atau perbedaan dengan kebiasaan miliknya. Cuman selera kan beda-beda ya. Jadi, ya tulis apa adanya saja.

Visi dan Misi Pernikahan Saya

Isilah dengan kalimat singkat saja dengan Visi dan Misi pernikahanmu.

image

Tuangkan Visi dalam satu kalimat. Misi boleh disebut dalam beberapa kalimat. Visi itu gambaran keluarga yang ingin kamu wujudkan bersama pasangan dan anak-anak kelak. Kalau Misi itu “HOW” nya, yaitu bagaimana cara Kamu mencapai Visi yang diidam-idamkan itu. Di bagian ini tambah keseriusan kamu dalam mengisi, karena dari sinilah penilaian utama mengenai proposal nikah kamu. Hindari kalimat yang tidak substansial seperti “Saya ingin membangun keluarga sakinah mawadah warahmah” atau “membawa keluarga menuju surga”. Berikan gambaran jelas mengenai keluarga yang akan dibangun yang membedakannya dengan keluarga muslim pada umumnya. Misal, kalau kamu adalah seorang penghafal Qur’an maka mungkin kamu akan menulis “ Menjadikan Keluarga yang Qur’ani dengan selalu dekat dan akrab bersama Al-Qur’an” dengan Misi : “Mengagendakan keluarga menghafal Qur’an sampai 30 juz”. Kalau kamu ingin membangun keluarga yang cerdas berilmu pengetahuan, maka kamu bisa menuliskan “Membangun keluarga yang mencintai agama dan ilmu pengetahuan “ dengan Misi “Menargetkan anak-anak mencapai pendidikan setinggi-nya, mencari pendidikan yang baik” dan lain – lain.

Kriteria Calon Suami/Istri

Kriteria yang diinginkan dari pasangan. Terbagi dua yaitu Fisik dan Non Fisik. Isilah kedua-duanya.

image

Di bagian ini, tuliskan kriteria pasangan yang kamu idamkan. Gak ada batasannya sih, tapi semakin banyak kriteria yang kamu sebutkan, maka semakin sulit nanti kamu mencarinya. Jadi saran saya, utarakan yang utama saja.

Rencana Saya Pasca Pernikahan

Isikan dengan jelas, rencana kamu setelah menikah dalam tabel berikut ini.

image

Nah, bagian ini nih yang biasanya akan ditanya lebih detail ketika taaruf sesi ketemuan. Berikan jawaban yang pasti (jangan ambigu) mengenai rencana kamu setelah menikah dalam berbagai aspek seperti yang saya sebut di atas.

Data Tambahan

Isikan data tambahan jika ada.

image

Misalnya kamu ingin memberi tahu bahwa ada kondisi khusus yang perlu diketahui partner taaruf, maka isikan di tabel ini. Mungkin saja kamu ingin memberi tahu kalau kamu mantan artis cilik yang dulu sempat punya banyak penggemar, atau preman/residivis yang bertaubat. Ceritakan di sini ya.

Pernyataan Validitas

Di akhir proposal, kamu bisa menambahkan pernyataan seperti ini :

‘Demi Allah, saya menyatakan bahwa informasi yang saya sampaikan di biodata ini adalah informasi yang sebenar-benarnya”

sebagai sumpah dengan nama Allah bahwa data-data yang ada di biodata tersebut valid dan dapat dipercaya.

Sertakan Foto

Dalam kehidupan sehari-hari, tabu bagi seorang ikhwan/akhwat untuk menyimpan foto lawan jenis tanpa keperluan yang penting. Namun karena tujuan taaruf adalah mencari pasangan yang cocok baik fisik maupun non fisik, maka sertakan foto standar (tampak depan)  kamu di dalam proposal. Hal ini pernah diriwayatkan oleh Jabir bin ‘Abdillah :

Rasulullah SAW bersabda, “Jika salah seorang dari kalian hendak melamar seorang wanita, maka tidak berdosa atasnya melihat kepada wanita itu, jika melihatnya itu hanya untuk meminangnya, sekalipun sang wanita tidak menyadarinya.”

Semoga Sukses! [DOWNLOAD]

Semoga taaruf mu lancar dan segera dapet jodoh! Amin….

Ini saya sertakan file DOC dan PDF untuk membantu taaruf kamu. Semoga bermanfaat ya.. 🙂

Download DOC + PDF

Like atau Follow Itsar untuk mendownload

 

Related Posts

32 comments

Ijin unduh….Jazakallah khairan…

Ya sama2.. semoga berkah prosesnya..

Min koq ga ada kolom download nya stelah like/tweet ?

Coba direfresh bro.. entar coba aku cek salahnya dimana ya..

Coba di refresh lagi.. insya Allah tidak ada masalah..

Ga bisa di download.

Bisa dikirim lewat email?

Sudah di like kan ukhti?

afwan…
saya sudah like…
tp belum bisa download…

Coba di refresh mbak intan..

thanks ya min untuk infonya, bermanfaat bgt.. ^_^

Terima kasih admin infonya, bermanfaat banget bagi saya yang akan melaksanakan taaruf, semoga berkah

Terimakasih admin tentang infonya. Kebetulan saya lg memahami tentang taaruf. Smg bsa menemukan jodoh yg salehah

syukron min, bermanfaat sekali…

Min, boleh tanya, itu font yang di pake apa ya/ Jazakallah

Jazzakallah Lhoir 🙂

izin unduh.. jazakallah ya 😍

Mksh min untuk infonya. Ijin buat unduh…

kalo udah kasih tau biodata ta’aruf ngapain lagi?

Selanjutnya minta dipelajari dan tukeran biodata dengan bantuan perantara seorang yang lebih senior atau guru ngaji

Alhamdulillah terima kasih admin, bermanfaat sekali untuk para single yang ingin segera berta’aruf hehe

Assalammu’alaikum izin unduh min

syukron min

sama – sama bro. Sing lancar sukses lahir batin 🙂

Assalamu ‘alaikum, izin unduh min

dua tiga anak tangga. Silahkan, mangga…

Mau daftar ta’aruf

Bisa biro taaruf di kota domisili ukhti.

Terimakasih min sangat jelas 😊

Alhamdullah.. syukurlah bisa membantu. Semoga sukses ya 🙂

Leave a reply