Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

Tips n Trik Menghadapi Jetlag Sesudah Liburan

Hari sekolah telah tiba, hari libur telah tiada. Kini sahabat-sahabat yang masih berprofesi sebagai pelajar merasakan hectic nya hari pertama setelah liburan panjang, Kini hari – hari kita akan diisi oleh tugas dan jadwal pelajaran yang padat, hari esok dihadapi penuh dengan perjuangan setelah sebelumnya setiap bangun pagi nampak ketenagan tetap terasa tapi kini ketegangan mulai terasa.

Banyak di hari pertama bahkan lupa barang yang harus dibawa, namun ada juga yang lupa letak kelas mereka. Hal ini wajar terjadi. Mengapa?

Karena selama liburan kita telah membentuk kebiasaan baru, terbiasa kita melakukan banyak hal berupa tugas-tugas sekolah, angun pagi, atau bahkan pulang sore dan menikmati berbagai macam les tambahan di luar sekolah.

Tetapi setelah libur tiba, maka hari-hari kita tak se sibuk biasanya, kita membasakan diri berleha-leha dengan kelenggangan yang ada. Bahkan kita pun bebas untuk bangun lebih siang daripada biasanya yang akhirnya itu menjadi kebiasaan, dan kebiasaan itu tak dapat diubah dengan cepat.

Itulah yang terjadi saat kita terlalu larut dalam liburan namun kita tak antisipasi semakin dekatnya liburan itu akan berakhir.

Untuk menghadapi jetlag ini, kawan-kawan bisa mencoba beberapa tips yang pernah dilakukan oleh penulis dan itu terbukti efektif

1. Jangan ubah kebiasaan BANGUN PAGI

2. Buatlah jadwal kegiatan setiap hari

3. Buatlah waktu-waktu ‘me time’ di jadwal yang kita buat

4. Latihlah disiplin waktu

5. Buatlah target (walaupun satu) per hari nya

5 hal diatas bisa dicoba, baik iburan atau tidak, itu masih bisa di praktekkan, tinggal kita menyesuaikan isi jadwal sesuai dengan jadwal yang kita inginkan. Hidup hanya sekali maka desainlah harimu semenarik dan se menyangkan mungkin kawan. (ipah)

Ipah Umu Abiba
Sistem Teknologi Informasi 2011
Institut Teknologi Bandung

Leave a reply