Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

Rahasia Sukses UN

Minggu ini adalah minggu yang tak akan terlupakan bagi siswa tingkat akhir d SMA dan SMP.

Minggu ini adalah perjuangan menghadapi ujian nasional serentak dengan sistem berbasis komputer. Minggu ini bukan hanya fisik yang dikuras namun mental pun akan lebih terkuras.

Mental pun akhirnya berhamburan ke sana ke mari. Perubahan drastis pun terjadi. Semua bimbel menjadi padat hingga penuh di malam hari demi mengejar pemahaman suatu pelajaran.

Pernahkah kita berfikir, inikah yang harus dipersiapkan saat UN?

Terkadang kita melakukan hal-hal itu karena lingkungan mayoritas melakukan itu. Saat lingkungan panik maka tak jarang diripun ikut panik.

Saat jawaban ujian bertebaran diberbagai penjuru. Tak jarang rasa percaya diri ini menjadi berkurang dan semakin minus.

Lalu untuk apa belajar jika akhirnya kita sendiri tak yakin dengan kemampuan kita?

Meskipun kita diajari oleh seseorang yang paling cerdaspun. Jika diri ini tak percaya pada kemampuan sendiri maka usaha itu akan sia-sia.

Percayalah pada kemampuan, percayalah bahwa usaha tak akan membohongi hasil. Percayalah bahwa Allah itu tak tidur.

Biarlah orang-orang melakukan kecurangan. Tapi jangan diri kita melakukannya.

Ingat kawan, saat kecurangan kita lakukan maka sudah ada hak orang lain yang kita ambil dan suatu saat hak itu akan meminta untuk dikembalikan pada pemiliknya.

Hari ini kita selamat dengan melakukan kecurangan tapi apakah hidup kita di waktu selanjutnya akan selamat?

Pasang badan, pasang mental baja. Tak ada salahnya berbeda demi kebaikan karena kebaikan akan menghasilkan kebaikan. Keburukan akan menghasilkan keburukan lainnya.

Kita memetik apa yang kita tanam. Selamat menempuh ujian nasional, semoga Allah mudahkan setiap usaha dan kabulkan setiap doa yang terbaik untuk kita.

2 comments

Mohon maaf, tulisan di atas bagus sebagai motivasi…tapi sekarang anak-anak sudah paham bahwa UN tidak berpengaruh kepada lulusan, berapapun nilai UN tidak diperhitungkan karena hanya sebagai persyaratan kelulusan saja bukan nilainya tetapi keikutsertaan saja, tetapi nilai UN nanti ditampilkan di ijazah iya.

Aw, ternyata kami melewatkan fakta terkini dari UN. Terima Kasih sister Asih atas penjelasannya. 🙂

Leave a reply