Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

SEMANGAT UJIAN YA GAES!!

TK, SD, SMP, SMA, Kuliah, bahkan kerja, semuanya harus melewati tahap ini biar bisa semakin bahagia ๐Ÿ˜€

Ujian itu tiada habisnya, mulai dari pertanyaan 1+1 sampai pertanyaan yang rumusnya terlalu panjang. Mulai dari pertanyaan siapa namamu sampai pertanyaan siapa Tuhan mu. Tapi uniknya yang namanya ujian itu pasti ada jawabannya, walaupun terkadang kita bingung apa jawabnya, tapi yakinlah jawaban itu selalu ada.

Bisa jadi kita lupa atau bahkan tidak tahu sama sekali dengan jawab dari setiap ujian itu. Untuk bisa menjalani ujian dengan baik ada banyak cara yang bisa kita lakukan loh, ini beberapa tips sukses ujian dari ITSAR J

  1. Persiapkan dirimu

Ini cara yang paling penting sebelum ujian, persiapkan dirimu dengan baik. Jangan lupa belajar, walaupun setiap orang punya cara yang berbeda untuk belajar, tapi yang pasti setiap orang butuh belajar biar bisa lulus ujian.ย  Pahami pelajaran-pelajaran yang sudah diajarkan guru di kelas. Jangan putus asa kalau kamu tipe anak yang susah untuk memahami pelajaran, karena usaha kamu pasti tidak akan sia-sia. Selain itu kamu juga harus menyiapkan alat-alat ujian seperti, pensil, puplen, penghapus, semua deh atau bahkan air minum kalau-kalau nanti kamu kehausan saat ujian.

  1. Tenangkan dirimu

Terkadang kamu sudah belajar semua hal sebelum ujian tapi tiba-tiba semuanya terlupakan saat mengerjakan ujian. Ini bisa saja terjadi karena kamu panik, inget banget nih udah baca tentang anatomi tumbuhan eh tapi lupa isinya apa. Kan sayang banget ya, jadi jangan lupa sebelum ujian tenangkan dirimu. Yakinkan bahwa diri kamu bisa.

  1. Berdoโ€™a sebelum baca soal

Ini nih penting banget, berdoโ€™a sebanyak-banyaknya sebelum baca soal. Minta Allah untuk membantu mu dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan itu. Dan ada nih doโ€™a yang cocok banget buat temen-temen yang mau ujian.

 

ูŠูŽุง ุญูŽูŠู‘ู ูŠูŽุง ู‚ูŽูŠู‘ููˆู’ู…ู ุจูุฑูŽุญู’ู…ูŽุชููƒูŽ ุฃูŽุณู’ุชูŽุบููŠู’ุซูุŒ ูˆูŽุฃูŽุตู’ู„ูุญู’ ู„ููŠู’ ุดูŽุฃู’ู†ููŠู’ ูƒูู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽู„ุงูŽ ุชูŽูƒูู„ู’ู†ููŠู’ ุฅูู„ูŽู‰ ู†ูŽูู’ุณููŠู’ ุทูŽุฑู’ููŽุฉูŽ ุนูŽูŠู’ู†ู ุฃูŽุจูŽุฏู‹ุง

“Ya hayyu ya qoyyum bi rahmatika astaghiits, wa ash-lihlii syaโ€™nii kullahu wa laa takilnii ilaa nafsii thorfata โ€˜ainin abadan [artinya: Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata tanpa mendapat pertolongan dari-Mu selamanya].โ€ (HR. Ibnu As Sunni dalam โ€˜Amal Al-Yaum wa Al-Lailah no. 46, An-Nasaโ€™i dalam Al-Kubra 381: 570, Al-Bazzar dalam musnadnya 4/ 25/ 3107, Al-Hakim 1: 545. Sanad hadits ini hasan sebagaimana dikatakan oleh Syaikh Al-Albani dalam Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah no. 227).

 

  1. Berdoโ€™a sebelum mengumpulkan kertas jawaban

Jangan lupa juga untuk berdoโ€™a sebelum mengumpulkan kertas jawaban. Minta sama Allah untuk mengoreksi jawaban-jawaban mu dulu. Semoga jawaban-jawaban itu benar dan semoga mendapatkan nilai yang terbaik.

Nah setelah melakukan hal-hal diatas, setelah ikhtiar total, jangan lupa untuk menyerahkan semuanya pada Allah. Yakin bahwa Allah akan memberikan yang terbaik.

Tapi eh tapi jangan lupa untuk belajar buat ujian dihari selanjutnya yaaa. So selamat ujian ya gaes! ๐Ÿ˜€

Leave a reply