Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

Semangat Belajar Terus

Setiap manusia pasti ingin menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Menolak untuk berdiam diri pada sebuah posisi. Di sekolah setiap tahunnya para siswa ingin naik kelas, tak berbeda dengan mereka yang di dunia kerja. Bekerja sebaik mungkin agar bisa naik pangkat.

Untuk menjadi manusia yang lebih baik dari waktu ke waktu tentu tidak mudah, hal pertama yang perlu kita sadari adalah kenyataan bahwa diri ini masih penuh kekurangan. Karena ketika sudah merasa cukup, sulit diri ini untuk berkembang. Kekurangan dan perasaan tidak puaslah yang bisa memacu untuk terus  memperbaiki diri.

Rasulullah SAW bersabda, “Dua yang tak pernah puas. Pencari ilmu, tak pernah puas dengan ilmu yang didapat. Pencari dunia, tak pernah puas dengan yang diperoleh.” (HR Bukhari)

Tentu kita ingin menjadi golongan yang pertama, golongan para pencari ilmu. Mereka yang selalu belajar. Belajar bukan hanya sebuah rutinitas yang dilakukan tanpa makna, tanpa tujuan, ataupun tanpa balasan. Setiap jam, menit, detik yang kita manfaatkan untuk belajar akan menjadi saksi kita kelak. Menjadi anak tangga yang membantu kita dihadapan Allah. Karena Allah telah berjanji untuk mengangkat derajat orang-orang yang berilmu.

 “Allah akan mengangkat kedudukan orang-orang yang beriman dan diberikan ilmu di antara kalian beberapa derajat. Allah Maha mengetahui apa yang kalian kerjakan.”

(QS. Al Mujadilah [58]: 11).
Namun kita juga tak boleh terlenakan oleh segala ilmu dunia. Terbiasa membaca buku ensiklopedia  disekolah membuat kita lupa bahwa ada ilmu yang lebih utama, ilmu yang bisa membawa kita pada kebaikan.

“Siapapun yang Allah inginkan kebaikan padanya, Allah akan faqihkan ia dalam agama”

(HR Al-Bukhari)

Bukan hanya mereka yang bersekolah ditempat terbaik, bukan hanya mereka yang memiliki banyak harta, bukan hanya mereka yang masih remaja, tetapi Allah akan memberikan kebaikan pada “siapapun” yang mau berada di jalan ilmu.

Kini begitu banyak jalan untuk mencari ilmu, para pemuda pencari ilmu tak pernah kehabisan akal untuk terus belajar. Memanfaatkan segala teknologi yang telah disediakan. Mulai dari membaca buku yang diracik oleh penulis-penulis teladan. Tak ada buku pun tak bisa menjadi alasan. Kini banyak sekali orang yang dengan sukarela membagikan ilmunya melalui seluruh media sosial yang dimiliki. Menginspirasi orang-orang dengan postingan di instagramnya, mencerdaskan teman-teman melalui Official account-nya, ataupun membagikan rekaman kajian melalui akun Youtube-nya. Bahkan banyak orang yang berkarya dengan segala kemampuannya demi menghadirkan aplikasi penuh ilmu bagi pengguna smartphone di seluruh dunia.

Kini tak ada lagi alasan untuk tak belajar. Ilmu yang kita butuhkan bertebaran dimana-mana. Tinggal meluruskan niat dan meningkatkan semangat. Mari belajar dari mereka para pemuda pencari ilmu. Belajar untuk mencintai, merindukan, dan menjemput ilmu.

Maka jaga terus semangat belajar yang ada, semangat untuk terus berada di jalan ilmu.  Sebab ilmu adalah jalan mendekat kepada Allah, jalan mencari ridha Allah.

Sebab menuntut ilmu adalah takwa, menyampaikan ilmu adalah ibadah, mengulang ilmu adalah dzikir, dan mencari ilmu adalah jihad.

– Al-Ghazali

Semoga Allah mudahkan langkah kita untuk terus berada di jalan para pencari ilmu, sebagai salah satu cara mensyukuri nikmat yang kita miliki, sebagai jalan tuk mendekatkan diri kepada Allah sang pemilik hati.

Leave a reply