Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

Percaya Diri adalah Substrat Kesuksesan

Musim ujian masih membadai melebihi terpaan tornado. Karena tornado hanya menghancurkan sesuatu yang dilewatinya tapi badai ujian kehidupan itu bukan hanya mengahancurkan diri saja tetapi juga orang disekitarnya saat ujian itu akhirnya tak bisa diselesaikan.

Seringkali diri merasa ciut saat ujian yang dihadapi ternyata diluar nalar kemampuan kita. Kita sering kali merasa bahwa ujian sellau memilih orang yang tak tepat. Tak yakin dengan kemampuan diri untuk bisa menghadapinya, seringkali membuat diri ini mencari masalah baru yang sesuai dengan kemampuan kita yang kita ketahui.

Manusia hingga akhir hayat diperintahkan untuk belajar, bahkan hingga meninggal dimana ajal menjemput belum tentu kita tahu sepenuhnya tentang diri kita. Potensi-potensi dalam diri mayoritas terttup sehingga kita tak tahu jika diri ini memiliki begitu banyak kesempatan untuk menjadi bintang selama sisa waktu hidup kita.

Salah satu yang membuat diri ini tak bisa menjadi diri sendiri adalah saat kepercayaan diri perlahan terkikis oleh banyak masukan berupa kritikan destruktif yang membuat diri ini sering mengucilkan diri. Bukankah kritikan itu bisa bersifat membangun? Mengapa menjadi destruktif?

Karena kita tak terbiasa, kita terbiasa mendapatkan pujian akan segala bentuk usaha kita padahal tak semua merasakan dampak yang sama akan usaha kita, tak semua orang dapat dibahagiakan dengan metode yang sama.

Mereka yang merasa tak puas, cenderung memperlihatkan komentar-komentar yang seringkali kita rasa komentar mereka tak tampak menghargai usaha kita.

Tapi sesungguhnya permasalahan utama adalah diri kita.

Ingat bahwa dunia ini akan selalu ada pro dan kontra, maka dari itu untuk membangun kepercayaan diri tak selalu lewat pujian yang membangun, terkadang kepercayaan diri yang kuat muncul dari komentar-komentar destruktif.

Kita perlu belajar mengambil setiap sisi positif dari berbagai bentuk masukan, agar kepercayaan diri ini semakin tumbuh hingga akhirnya rasa bahagia dansyukur akan mengikuti. Kepercayaan diri bukan lah merendahkan orang lain, jika hal itu terjadi berarti itu namanya kita telah sombong.

Kepercayaan diri membuat maju terus untuk hal yang kita perjuangkan kepercayaan diri membuat kita melangkah semakin dekat dengan tujuan kita, bahkan kepercayaan diri menimbulkan efek semangat bagi orang disekitarnya.

Orang yang percaya diri bisa mengubah hal-hal yang mustahil menjadi mungkin untuk dicapai, tentu saja ini diperlukan usaha karena semua butuh proses. Mulailah dengan menerima diri maka lingkungan pun akan menerima keberadaanmu.

Ipah Umu Abiba
owner Agilers Cooperate
ID Line : ipahumu

Leave a reply