Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

Menuntut Ilmu Agama atau Dunia, Mana yang Lebih Utama?

Bagikan, insya Allah jadi amal kebaikan

image

Mana yang Lebih Utama, Ilmu Agama atau Ilmu Dunia?

Sebentar.. jadi ilmu agama dan ilmu dunia itu dua hal yang berbeda? Ini pemikiran sekuler bung. Berhati-hatilah.

Sebenarnya agak lucu kalau kita membeda-bedakan ilmu agama dan ilmu dunia. Seolah yang mempelajari ilmu agama ahli surga, lebih mulia dari yang belajar ilmu dunia. Ini keliru bung. Seperti kita membedakan ayam itu ya ayam, bukan unggas!

Di dalam Al-Qur’an gak melulu bahas ibadah. Di dalamnya ada fiqh, hukum, syariat,muamalah dan inspirasi ilmu pengetahuan. Ada surat dinamai Besi. Besi itu coba cari di kitab kuning, gak ada bahasannya! Tapi di Alquran ada. Siapa yang salah? Kitab kuning atau al-Quran? Gak usah dijawab.

Lalu ada yang berpendapat belajar ilmu dunia itu mubah, gak dosa dan gak berpahala, Kecuali diniatkan untuk bermanfaat bagi masyarakat umum maka berpahala. Ini juga logika keliru. Sama dengan mengatakan kentut itu mubah, kecuali diniatkan untuk mengusir pengamen dari depan rumah.

Keliru!

Syariat kita mengajarkan, mulakan segala sesuatu dengan bismillah.. maka akan jadi berpahala. Memindahkan duri dari tepi jalan dengan mengucap bismillahirrahmaanirrahim.. jadilah dia berpahala. That simple.

Jadi Mana yang Lebih Utama?

Pelajarilah dua-duanya. Karena Islam tidak membeda-bedakan antar keduanya. Semua ilmu itu milik Allah, maka pelajarilah dari pintu ilmu manapun, niscaya engkau akan menjadi lebih dekat kepada Allah.

Semoga bermanfaat, lain waktu kita bahas ulama-ulama kita yang juga tersohor tidak hanya ilmu agama, tetapi juga ilmu kedokterannya, matematika, antariksa, hingga ilmu silatnya.