Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

Menghafal Qur’an for Newbie (3 langkah doang!)

Bagikan, insya Allah jadi amal kebaikan

Banyak diantara kita mengeluhkan sulitnya menghafal Al-Qur’an. Padahal Allah udah men-state bahwa menghafal Al-Qur’an itu mudah!

Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran (diingat), maka adakah orang yang mengambil pelajaran? (Al-Qamar ayat 17)

Bagaimana kita bisa tahu? Saya juga awalnya mengalami kesulitan dalam menghafal Al-Qur’an. Namun ketika dijalani terus menerus akan terasa lebih ringan. Faktor penyebabnya banyak. Salah satunya adalah karena banyak kata yang diulang-ulang dan bentuk surat yang seperti prosa yang indah dibaca. Jadinya mudah diingat.

Banyak cara yang dilakukan orang dalam menghafal Qur’an. Tapi langkah yang akan saya bagi-bagi ini sangat simple sekali. Siapapun bisa mencobanya! Bahkan bagi anak rohis yang aktif berorganisasi sekalipun!

1. Ketika berangkat ke sekolah, putarlah murottal beberapa ayat Al-Qur’an melalui smartphone mu. Gunakan mode loop. Dengan begitu kamu akan mendengar ayat Al-Qur’an dibaca terus menerus, berulang-ulang.

2. Saat pulang sekolah, putar kembali ayat yang sama melului pemutar mp3 kamu. Dengan begitu memori otak kembali disegarkan agar lebih kuat dalam mengingat.

3. Sebelum tidur malam, coba bukalah Al-Qur’an dan tes hafalan yang didapat dari proses mendengar berulang-ulang di pagi dan sore hari tadi.

Kamu akan terkejut betapa mudahnya metode ini! Kesulitan yang saya alami di awal-awal adalah di sisi pembiasaan mendengar ayat Qur’an.

Jika kita tidak terbiasa mendengar murottal, maka suara qori akan terasa membosankan. Jauh lebih rame musik-musik barat ya, kan? Makanya hatimu juga harus bekerja kuat. Luruskan niat dan mamtapkan motivasi. Saya kasih tahu satu rahasia ya : Kesulitan ini hanya berlaku selama sebulan. Setelah itu, pandangan kamu tentang mendengar murottal Al-Qur’an akan berubah selamanya.

Satu lagi. Saya sarankan kamu memiliki Qur’an yang didesain khusus untuk para penghafal Qur’an. Bentuknya seperti ini.

image

Ada tulisan “Qur’an Hafalan” di bagian covernya. Kelebihannya di banding Al-Qur’an lain adalah kamu bisa memggunakannya untuk murajaah (menguji hafalan) secara mandiri dengan melihat 1 kata awal dari tiap ayat (soalnya sebuah pembatas buku akan menutup keseluruhan halaman ayat. Menyisakan 1 kata per ayat di pinggir halaman).

image

Semoga bisa membangkitkan semangatmu dalam menghafal Qur’an ya! Jangan sungkan meninggalkan komentar jika ingin bertanya lebih lanjut. 🙂

Leave a reply