Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

Membuat Visi Kepengurusan Rohis

Bagikan, insya Allah jadi amal kebaikan

rohis

Manajemen Kepengurusan adalah sebuah hal yang harus diperhatikan saat kita bergerak dalam sebuah organisasi, dalam hal ini Rohis. Rohis tidak akan pernah sesuai dengan harapan jika tidak diiringi oleh manajemen kepengurusan yang baik. Kang Yahdi akan membahas salah satu unsur penting dalam kepengurusan Rohis yaitu Visi dan Misi.

Saat ini tema yang akan saya bahas adalah Visi dan Misi Organisasi. siapa diantara sahabat-sahabat semua yang tau apa itu visi? *seorang anak tiba2 mengacungkan tangannya* “nama makanan dari kedelai yang isinya tauge kang!”. bukaaan…bukan ituu.. itu tahu isi. *1 anak lagi mengacungkan tangannya* “yang ada di atas gigi kak!”, ooowwhh.. bukaaan.. kalau itu gusi! sudah lah, tak perlu kita perpanjang lagi, daripada semakin banyak jawaban ngaco, lebih baik kita langsung bahas saja. hehe..

Visi dalam teori diartikan sebagai :

suatu sekenario masa depan organisasi yang diusahakan untuk diwujudkan. suatu masa depan yang lebih baik, lebih berhasil atau lebih mendekati harapan

dalam referensi lain dikatakan visi organisasi adalah tujuan kerja dari sebuah organisasi. gampangnya, sebuah titik akhir yang ingin dicapai dalam kurun waktu tertentu. Atau lebih gampangnya lagi, visi adalah Mimpi sebuah organisasi di masa depan. biasanya visi sebuah organisasi di tuliskan dalam sebuah kalimat yang ringkas, padat dan jelas.

Emangnya visi penting ?

sahabat-sahabat semua mungkin bertanya, “kenapa sih visi itu penting?” , “emangnya visi itu penting kang?” , “ha? visi?”. oke.. tenang, akan saya jawab. kenapa visi ini penting? karena visi akan menjadi arah organisasi ini menuju. Visi akan menjadi semangat juang organisasi dan visi akan menyatukan seluruh anggota organisasi. kita ambil contoh, jika ditanya, “mau pergi kemana?” tentunya sahabat akan menyebutkan nama sebuah tempat yang jadi tujuan. setelah tahu mau kemana, selanjutnya sahabat pasti akan mulai membayangkan arah mana yang harus ditempuh, apa yang harus dilakukan dan kendaraan apa yang harus digunakan.

Begitupun dengan organisasi, tentunya harus ada 1 tujuan yang jelas yang menjadi titik akhir organisasi. tujuan ini yang nantinya akan membantu untuk menentukan apa yang akan organisasi lakukan? dengan cara apa? bagaimana? kapan? dsb. visi ini yang akan membuat organisasi terarah dan tidak tersesat seperti orang yang tidak tahu hendak pergi kemana.

selain itu visi juga menjadi sumber motivasi dan inspirasi bagi kerja anggota organisasi, dan yang akan menjado makna gerak organisasi.

Metode S.M.A.R.T & 4P

sebelum sahabat membuat “Rumusan dalam 1 kalimat” yang bernama Visi. ada beberapa hal yang perlu sahabat perhatikan, tujuan/mimpi yang akan sahabat tuliskan disini tentunya mempunyai beberapa ketentuan, ini harus kita perhatikan agar apa yang kita tulisan ini dapat membuat kita terpacu dan berefek DAHSYAT!!

Pertama, Sifatnya haruslah S.M.A.R.T. :

  • S : Specific ~ Jelas!
  • M : Measurable ~ Terukur!
  • A :Acheivable~ Terjangkau!
  • R : Reasonable ~ Beralasan!
  • T : Time Bond ~ Ada batas Waktu!

Kedua, kalimat yang dituliskan haruslah sesuai dengan 4P, yaitu :

Personal

Rumusan itu tertulis untuk organisasi sahabat, tulislah nama organisasi sahabat dalam kalimat visi misalkan “DKM Nurul Khomsah”

Present

Sebagai contoh, Seringkali orang menuliskan/mengatakan,”Pada tahun 2011 ini, saya mau menjadi siswa teladan!”, Kata “mau” itu bersifat future, dan pada saat kita menuliskan hal ini, berarti kita belum menegaskan bahwa kita memang akan meraih hal tersebut, bisa saja di tunda. Lebih afdhol jika kita menuliskan “Pada tahun 2011 ini, saya menjadi siswa teladan” (tinggal kita tulis dalam konteks organisasi)

Positive

Gunakan kata-kata yang langsung pada tujuan, kata “tidak”, “jangan”, “Ga mau” itu harus kita ganti!! Sebagai contoh, sekarang JANGAN SEKALI-KALI BANYANGKAN WARNA KUNING!!!(dijamin deh, warna yang pertama kali muncul dalam benak mu pastilah warna kuning, baru warna lain). Begitu juga dengan diri kita, saat kita berkata “Jangan Grogi..jangan grogi..” yang terjadi pada diri kita: grogi beneran! Kenapa ini terjadi, karena subconsious mind di otak kita tidak bisa menerjemankan kata2 negatif (yang udah disebutkan di atas..)

Powerful

no explanation 4 this entity, pastinya dah pada ngerti apa arti kata ini.

Nah, sampai sini materinya beres. membuat visi adalah hal yang mudah sahabat! coba segera tuliskan, dan setelah selesai, cetak dengan huruf besar, bingkai di ruangan sekretariat, lalu ucapkan dengan lantang berkali-kali. Rasakan KEDAHSYATANNYA! :D

sebagai penutup, saya sertakan beberapa visi organisasi dakwah islam, semoga bisa menginspirasi.

1. Keluarga Mahasiswa Islam (GAMAIS) ITB tahun 2010

Satu Keluarga Menjadi Model Lembaga Dakwah Kampus Nasional Berbasis Pembinaan dan Kompetensi Melingkupi Seluruh Sayap Dakwah Menuju Indonesia Islami

sumber : blog kepala gamais 2010

2. Nuansa Islam Mahasiswa (SALAM) Universitas Indonesia

SALAM UI sebagai pusat dakwah Islam tingkat universitas yang “Berdikari”, “Bersahabat” dan “Bermanfaat” menuju civitas yang madani

sumber : website mahasiswa.ui.ac.id

Related Posts

Leave a reply