Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

Membuat Misi Kepengurusan Rohis

tohis

Setelah kita membahas bagaimana visi sebuah organisasi di bentuk, pada tulisan kali ini kita akan membahas hal yang ga kalah penting, yaitu : Misi!

Misi dalam teori diartikan sebagai :

Suatu pernyataan organisasi tentang apa yang dianggap sebagai tanggungjawabnya untuk diwujudkan selama suatu kurun waktu tertentu dalam rangka merealisasikan visi organisasi di masa depan

lebih gampangnya, misi adalah langkah-langkah yang akan ditempuh oleh organisasi dalam mencapai visinya. Pada bahasan sebelumnya kita sudah menentukan mimpi dari organisasi kita, saat ini yang kita lakukan adalah merumuskan bagaimana cara mencapai mimpi tersebut.

Mengapa Misi penting?

suatu hari, seorang anak bernama budi ingin pergi ke luar kota, hal pertama yang budi lakukan pastinya menentukan kemana akan pergi. Anggaplah budi ingin pergi ke jakarta dari bandung. setelah itu tentunya budi akan menentukan bagaimana akan pergi? pergi ke jakarta menggunakan apa? dan lewat jalur mana? apakah tol cipularang? lewat puncak? dsb.

dalam organisasi, menentukan misi adalah sama pentingnya dengan menentukan visi. tanpa misi, visi organisasi tak kan bisa dicapai. misi ibarat sebuah jalur kereta yang akan membawa kereta sampai pada tujuan dengan selamat.

Rumusan misi organisasi yang baik :

gunakan metode smart & 4P (bisa dilihat pada artikel visi)

selain itu, misi juga harus,

  1. dijabarkan dengan jelas
  2. memiliki cakupan yang komprehensif, namun juga tepat dan spesifik
  3. mampu meghasilkan tindakan nyata
  4. menjadi acuan untuk pengendalian diri sendiri
  5. memberikan gambaran tentang ideologi organisasi

Jack Trout said…

Jack Trout, seorang ahli positioning, menyatakan tidak sepaham dengan pernyataan misi yang berbelit-belit, dirangkai dalam kalimat panjang dan membingungkan. Baginya segalanya bisa disederhanakan, termasuk misi.

Misi yang bagus adalah misi yang definitif (jelas dan dapat diraih). Misi yang tidak definitif mengindikasikan organisasi tidak tahu kemana ia harus melangkah. Tujuan dari membuat pernyataan misi adalah memastikan semua orang dalam organisasi memahaminya, bukan sebaliknya, justru membingungkannya.

Dalam membuat pernyataan misi, lupakan “seperti apa anda ingin menjadi” dalam pernyataan misi, tetapi berfokuslah pada “UPAYA-UPAYA yang berkaitan dengan seperti apa anda ingin menjadi”.

Pernyataan misi harus mengandung ide diferensiasi (pembeda) dan menjelaskan bagaimana dengan menjalankan ide itu, anda dapat mengungguli pesaing anda. (sumber : papanputih.com)

akhir kata, seperti artikel sebelumnya, saya sertakan juga kalimat misi dari organisasi dakwah kampus. biar lengkap, saya sertakan lagi kalimat visinya juga. semoga bisa menjadi inspirasi bagi sahabat2 semua. :D

1. Visi Nuansa Islam Mahasiswa (SALAM) Universitas Indonesia

“SALAM UI sebagai pusat dakwah Islam tingkat universitas yang “Berdikari”, “Bersahabat” dan “Bermanfaat” menuju civitas yang madani”

  • Pusat” adalah posisi Salam UI dalam satu kesatuan dakwah Islam di UI, bersama lembaga-lembaga dakwah di setiap ‘area’ (baik fakultas maupun asrama)
  • Berdikari” adalah karakter organisasi yang meliputi kemandirian dalam bergerak, mapannya sistem dan perangkat organisasi, luasnya wilayah garapan dakwah. orisinalitas ideologi, orientasi pada peningkatan kompetensi personal, serta produk yang bermanfaat lintas ruang dan waktu
  • Bersahabat” adalah karakter organisasi yang meliputi paradigma bersikap, iklim internal, serta kultur komunikasi dengan pihak eksternal
  • Bermanfaat” adalah aplikasi dari visi dakwah kampus, diharapkan SALAM UI mampu memberikan pelayanan terbaik pada umat (Khadimul Ummah). Sehingga keberadaannya dapat BERMANFAAT bagi umat.
  • Civitas” adalah simbol adanya tanggung jawab dakwah Salam UI untuk senantiasa menjaga, memperbaiki dan berkontribusi terhadap UI dalam mengharumkannya
  • Madani” adalah model masyarakat yang plural, adil, dan beradab yang ingin diwujudkan di UI secara khusus dan Indonesia secara umum

     Misi Nuansa Islam Mahasiswa (SALAM) Universitas Indonesia

  • Accelerate Maturity
  • Islamic Center
  • Ummah Research
  • External
  • Organic and Independent Organization

sumber : website mahasiswa.ui.ac.id

2. Visi Keluarga Remaja Islam Salman (KARISMA) ITB Periode 30

“Sinergis & profesional sebagai penyokong pembinaan remaja se-Kota Bandung.”

Misi Keluarga Remaja Islam Salman (KARISMA) ITB Periode 30

  • Menyediakan fasilitas pembinaan yang berkualitas guna mengarahkan Pembina untuk menuju muslim yang ideal.
  • Membuat program pembinaan remaja yang berkualitas, berjenjang, mengaktualisasikan bakat, dan mendorong tumbuhnya prestasi.
  • Mengembangkan program pembinaan remaja unggulan yang siap menjadi penyokong pembinaan remaja Kota Bandung
  • Membentuk sistem pendukung yang  positif, produktif dan berdampak besar dalam mendukung pelaksanaan program KARISMA.
  • Menyelaraskan setiap bidang kerja KARISMA untuk mengoptimalkan output program KARISMA.
  • Menjalin hubungan dengan stakeholder yang memiliki peran dalam pembinaan remaja di Kota Bandung

Related Posts

Leave a reply