Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

#MahasiswaBaru : Tips Kenalan dengan Teman Baru

Banyak mahasiswa yang berasal dari luar kota. Tak sedikit yang baru kali ini terpisah jauh dari orang tuanya. Hal semacam ini tentunya menjadi tantangan tersendiri dalam menjalani kehidupan perkuliahan.

Bagi mereka yang berasal dari Bandung dan tinggal dengan orang tua pun tetap perlu beradaptasi. Lingkungan kampus lebih heterogen daripada SMA. Teman-teman baru kita kini berasal dari daerah yang berbeda- beda. Tentu dengan kebiasaan dan pola pikir yang berbeda pula. Bila tidak berhati- hati, bisa-bisa terjadi konflik yang menjadi penghambat dalam berprestasi.

Mendapat Teman Baru

Manusia selalu lebih senang bila punya banyak teman dan kampus adalah tempat yang tepat untuk bersosialisasi. Kelak, bila sudah lulus, punya jaringan pertemanan yang luas akan sangat membantu. Percaya atau tidak, sebagian pekerjaan akan lebih mudah didapat dari teman. Siapa tahu malah mendapat pasangan hidup?

Yang biasa dilakukan mahasiswa baru adalah berkumpul dengan teman-teman dari sekalah atau daerah yang sama. Tidak sepenuhnya salah juga. Tapi cobalah untuk berkenalan dengan orang-orang baru supaya lingkaran pergaulan kita makin luas.

Mengingat nama orang bisa jadi gampang- gampang susah. Wajah tidak mudah dilupakan tapi nama cepat terhapus dari ingatan kita. Padahal untuk meninggalkan kesan baik, kita perlu memanggil orang dengan namanya. Triknya, cobalah untuk mengaitkan namanya dengan hal teriihat unik darinya.

Kita memang perlu berkenalan dengan sebanyak- banyaknya orang. Tapi sayangnya, tidak semua orang bisa dijadikan teman yang baik. Akan ada orang yang sepertinya berbeda planet dengan kita. Sulit diajak berkomunikasi, apalagi berteman. Tentu ini tidak berarti ia orang yang tidak baik, hanya saja mungkin tidak cocok. Untuk itu, kita tetap perlu menjaga jangan sampai putus hubungan sama sekali. Sopan santun tetap diperlukan. Tidak ada gunanya punya musuh.

Jenis teman lain yang perlu diwaspadai adalah mereka yang nyata-nyata terlibat obat-obatan terlarang maupun tindakan kriminal lainnya. Boleh saja berkeinginan mempengaruhi mereka secara positif. Tapi perlu diingat, sebelum merubah orang lain, kita memerlukan fondasi dari dalam diri yang sangat kuat.

Kuy cekidot seri tulisan #MahasiswaBaru terbaru :

Sumber

Leave a reply