Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

#MahasiswaBaru : Cara Memotivasi Diri dalam Belajar

Bagikan, insya Allah jadi amal kebaikan

Bahan kuliah yang disampaikan dosen terasa cepat sekali bertambah banyak bila kita tidak menjaga agar terus dapat mengikutinya. Ketinggalan dari bahan yang dibahas akan dapat menurunkan motivasi kita dalam belajar. Ada beberapa cara agar kita dapat memotivasi diri dalam belajar.

Bagi Tugas yang Besar menjadi Beberapa Bagian Kecil

Mengerjakan soal Fisika 20 nomor dari satu bab, kelihatannya cukup berat. Kita dapat membaginya menjadi beberapa bagian berdasarkan subbab. Pada setiap subbab kita dapat bagi lagi menjadi soal yang mudah dan yang sukar, mulailah dengan soal yang mudah. Begitu pula bila kita harus menulis makalah 20 halaman. Pertama kali tentukan topiknya, buatlah kerangka makalah, rencanakan membaca beberapa sumber untuk mengisi bagian-bagian dari kerangka; Langkah-langkah ini akan membantu kita untuk tidak menulis seluruh makalah pada malam sebelum dikumpulkan.

Gunakan Aturan Lima Menit

Biasanya, bagian yang paling berat dari belajar adalah menumbuhkan motivasi saat memulainya. Untuk membantu kita mengatasi hal ini, gunakan aturan lima menit. Katakan kepada diri sendiri bahwa kita akan belajar selama lima menit. Hanya lima menit. Kita dapat mengerjakan berbagai hal dalam lima menit bukan? Bila setelah lima menit kita belum termotivasi, berhentilah dan cari penyebab mengapa itu terjadi, selanjutnya coba lagi untuk lima menit berikutnya. Pada umumnya begitu kita memulai dengan lima menit, kita tidak akan berhenti setelah waktu tersebut terlampaui.

Tetapkan Sasaran pada Setiap Waktu Belajar

Sasaran kita untuk suatu waktu belajar tentunya lebih kecil dari pada sasaran jangka pendek. Sesungguhnya sasaran belajar ini akan membantu kita untuk mencapai sasaran jangka pendek. Kita dapat menetapkan untuk mengulang satu bab Fisika dan mengerjakan lima soal dalam satu waktu belajar. Sasaran ini tentunya lebih spesifik daripada menetapkan kita akan belajar Fisika tiap malam. Jadi, pada setiap waktu belajar kita harus menetapkan dengan tepat apa yang ingin dicapai.

Berilah Penghargaan kepada Diri Kita

Pada dasarnya setiap orang butuh penghargaan atas apa yang telah dicapai. Adanya penghargaan akan meningkatkan motivasi kita. Setiap kita menyelesaikan suatu sasaran, berilah penghargaan sederhana. Lakukan sesuatu yang kita senangi setelah waktu belajar yang panjang. Bisa membaca novel, jalan-jalan atau menonton film di TV.

Carilah Bantuan bila Diperlukan

Bila kita telah mencoba strategi-strategi di atas dan masih belum termotivasi, mungkin kita memerlukan bantuan untuk memahami bahan yang kita pelajari. Seringkali searang mahasiswa merasa tidak termotivasi. Padahal masalah sebenarnya adalah dia tidak dapat memahami bahan yang dipelajari. Bila ini masalah kita, datanglah kepada dosen mata kuliah terkait, asisten atau temukan teman belajar untuk diajak belajar bersama.

Kuy cekidot seri tulisan #MahasiswaBaru terbaru :

Sumber

Leave a reply