Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

#MahasiswaBaru : Cara Melawan Malas

Malas… apalagi untuk belajar. Rasanya itulah musuh terbesar yang menghalangi kita dari kesuksesan. Sebenarnya perasaan malas itu wajar. Selama ini, belajar dianggap sebagai kewajiban yang tidak menyenangkan. Akibatnya, kita cenderung memilih melakukan hal lain daripada belajar. Bahkan menurut survei pada tahun 1978, lebih dari 70% mahasiswa ITB belajar kurang dari 20 jam setiap minggu. Jumlah ini kurang dari setengah jumlah jam belajar nominal menurut sistem SKS.

Sayangnya, bila penyakit malas belajar seperti itu terus dibiarkan, bisa- bisa hidup kita hanya diisi nonton TV, main, jalan-jalan dan sejenisnya. Kalau sudah begitu, kapan kita bisa meraih sukses? Bukankah saat ujian Kalkulus tidak akan ditanya gosip terbaru para artis?

Jelas sudah, kita memerlukan motivasi yang kuat untuk meraih prestasi.

Apa itu Motivasi?

Motivasi merupakan keinginan atau kebutuhan dalam diri seseorang yang menggerakkannya untuk melakukan sesuatu untuk memenuhi keinginan tersebut. Faktor luar dapat berperan dengan menciptakan kondisi yang dapat mendorong peningkatan motivasi. Misalkan saja beasiswa yang kita peroleh karena prestasi akademik, keberhasilan alumni bidang studi kita di lapangan pekerjaan atau bahkan dorongan dari orang tua untuk berprestasi. Namun perlu disadari bahwa motivasi yang sesungguhnya hanya bisa timbul dari diri sendiri.

Bagaimana Cara Menumbuhkan Motivasi

Langkah pertama adalah dengan memiliki sasaran yang jelas. Sasaran merupakan rencana yang terdefinisi dengan baik ditujukan untuk mencapai suatu hasil tertentu.

Seseorang yang telah menetapkan sasaran akan lebih bermotivasi untuk mencapainya. Penelitian dalam bidang psikologi menunjukkan orang-orang yang secara teratur menetapkan sasaran yang ingin dicapai, umumnya lebih percaya diri, dapat berkonsentrasi lebih baik dan berprestasi lebih baik.

Sasaran yang kita tentukan juga penting untuk menjaga motivasi. Menetapkan sasaran yang tidak mungkin dicapai akan melunturkan motivasi. Sasaran yang terlalu mudah dicapai juga tidak akan membuahkan kepuasan. Jadi sasaran yang dibuat harus pada tingkat yang tepat, mungkin sedikit di atas batas yang dapat kita capai, tapi jangan terlalu jauh di atasnya karena tidak mungkin dicapai.

Kuy cekidot seri tulisan #MahasiswaBaru terbaru :

Sumber

Leave a reply