Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

Kapan Mau Berhaji, Kawan?

Labbaikallahumma labbaik.. sebentar lagi kita akan menyonsong bulan qurban yang kita biasa sebut idul adha. Saudara kita ada yang mengikhlaskan hartanya untuk dua pengorbanan penting : Berhaji dan Memotong hewan Qurban. Kalau kamu sudah biasa berqurban, kapan nih berhajinya?

Tahun ini harga hewan qurban melonjak naik. Untuk yang kelas ringan saja seekor kambing dihargai 2 jutaan. Sementara sapi sekitar 20 jutaan. Wah.. tinggi sekali ya harganya. Semoga Allah mudahkan untuk kita bisa berqurban tahun ini.

Yang perlu kita bahas sekarang justru ibadah haji. Ini yang super mahal banget. Biaya total bisa mencapai 60 jutaan. Uang sebanyak ini hampir mustahil kita kumpulkan dalam sehari. Setahun pun belum tentu dapat. Artinya kita harus memiliki rencana jangka panjang. Dalam berapa tahun kita bisa melakukan ibadah haji?

Waktu Tunggu

Selain jumlah biaya yang tinggi, kamu juga harus pertimbangkan waktu tunggu, karena berhaji itu ngantri men! Kita dulu-duluan sama orang lain yang juga mau berhaji. Jadinya harus nunggu sampai dapat jatah antrian. Kita ambil contoh kota Bandung. Waktu tunggunya sampai 10 tahun. Kalau kabupaten Bandung 7 tahun. Boleh jadi kamu udah siap 60 juta, tapi tetep aja harus nunggu sampai 7-10 tahun lamanya.

Perencanaan

Jadi ada dua variabel yang menentukan kapan kita bisa berhaji : biaya dan waktu tunggu. Dari sini kita bikin rencana. Kapankah waktu yang realistis untuk berhaji. Lebih cepat lebih baik. Karena kemampuan fisik juga gak bisa prima terus. Kalau kamu baru daftar haji umur 30, siap-siapin umur 37 fisik masih untuk dibawa bepergian jauh dan lama. Kalau daftar lebih lama dari itu, ya lebih lama lagi berangkatnya.

Yuk, rencanain untuk bepergian haji sejak sekarang. Tabung sedini mungkin. Kalau sudah mencapai batas layak dapat antrian haji maka segeralah mendaftar.. kurangi dulu belanja onlinenya. Dan kita sambut panggilan Allah ke baitullah.