Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

Jalan Tengah untuk Pro Poligami VS Anti Poligami

Ini teh suka kesel ngelihat perdebatan antara yang pro poligami sama yang kontra poligami. Keselnya sama diri sendiri, apa yang bisa saya perbuat untuk menjaga persatuan umat islam ini?

Sadar atau tidak, isu poligami selalu digoreng-goreng oleh media karena berpotensi menimbulkan perdebatan. Akhirnya memunculkan pihak yang pro poligami dan pihak yang kontra poligami. Masalahnya, dari konflik ini akan selalu jatuh korban, kalau tidak korban jiwa maka setidaknya korban perasaan.

Ada yang membuat suami istri saling berbantahan yang berujung pada pertengkaran. Ada juga perceraian yang berujung pada perang dua keluarga besar. Masing-masing keluarga besar saling buka aib, lalu adu mulut dan berakhir di pengadilan. Karir ustad kondang menurun karena poligami yang ia lakukan ditentang oleh ibu-ibu jamaah pengajian. Terakhir, dan masih hangat, isu poligami “dipaksa masuk” ke domain politik untuk mendramatisir tuduhan korupsi ketua partai islam yang membawa ia ke dalam bui.

Mengenai Prioritas

Hukum asal Poligami itu tidak wajib sementara persatuan umat Islam itu wajib. Jadi kita harus jadikan persatuan islam lebih prioritas daripada poligami. Jika perdebatan mengenai poligami mengancam terpecah belahnya umat, saling hujat di media sosial, maka kita harus meredakannya dan menjaga bersatunya umat Islam

Jalan Tengah

Ah, saya ini bukan ahli fiqih. Ini hanya butir – butir pemikiran saya aja berharap bisa menjadi kontribusi untuk terus menjaga persatuan umat ini. Semoga beberapa poin di bawah ini bisa dijadikan pertimbangan agar menjadi jalan tengah implementasi poligami di Indonesia. Kalau salah mohon dikoreksi.

1. Allah sudah membolehkan.

Hukum awalnya Poligami itu boleh. Jadi kalau ada saudara seiman kita memilih poligami maka tolong jangan dicibir atau dibully. Wong Allah saja membolehkan masa kita mau melangkahi Allah..

2. Kalau kamu belum menikah, maka jangan dulu berniat poligami.

Saat ingin menikah simpan dulu jauh – jauh niatmu untuk poligami. Tahan semangat 45-mu untuk memiliki jumlah istri lebih dari 1. Ingat.. hukum asalnya mubah lho, sementara masih banyak kewajiban lain yang bisa kamu prioritaskan. Salah satunya Jihad fisabilillah, atau menambah hafalan qur’an. Jihad hukumnya wajib, sementara menghafal Qur’an sunnah yang dianjurkan.

Kalau kamu merasa cukup harta untuk menghidupi istri lebih dari satu, maka alokasikan dulu untuk berangkat haji. Kalau masih ada uang, berangkatkan ibu dan bapakmu, kalau masih ada uang juga berangkatkan ibu dan bapak mertua, adik dan kakak, adik ipar dan kakak ipar, kakek mertua, nenek mertua, ibu mertua dari adik, ibu mertua dari kakak, ibu mertua dari adik ipar, ibu mertua dari kakak ipar, semua om dan tante, janggawareng, nenek uyut, fakir miskin kaum dhuafa dan para penghafal  qur’an.

Kamu masih punya uang juga?! Berangkatkan saya naik haji juga boleh hehehe…

3. Jangan berkata “Saya sudah mengerjakan semua sunnah.. tinggal poligami yang belum..”

Wuih.. ciyusss?? Kitab hadits itu setidaknya ada 9 yang populer dan tebelnya bujubuset.. tebel bener.. setiap kitab setidaknya ada belasan hingga puluhan ribu hadits yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Nah, jadikan sunnah poligami itu di urutan paliiiiing terakhir ya…

4. Poligami itu lebih baik dari berzina. Tetapi menjaga pandangan dan kemaluan juga sangat diutamakan.

Misal nih kamu beralasan ingin poligami karena gak bisa menahan pandangan pada akhwat yang rupawan. Jangan sampai 4 slot istri udah kamu pake semua trus pandangan kamu masih belum bisa kamu jaga, Nah lho, mau digimanain lagi coba?!

5. Kalau kamu udah melakukan poligami yo wiss.. jalani aja…

Kalau kamu keburu poligami lalu baru membaca tulisan saya ini.. yo wiss… jalani dengan baik ya… pait – paitnya diresapi… asam manisnya diserapi… kalau ada yang dengki jangan ditanggapi… jalani hari dengan terus menyerahkan diri agar Allah senantiasa menunjukkan jalan…

Inget firman Allah SWT yang memerintahkan kita untuk menjaga istri dan anak dari jilatan api neraka. Sekarang kalau Istri kamu 4, terus anak kamu totalnya 20… jadi ada 24 orang yang harus kamu jaga dari jilatan api neraka.. kalau ada satu aja yang ternyata masuk neraka, kamu harus ikut mempertanggungjawabkannya juga…

Lho kok jadi nangis? Yo wisss…. cup cup cup… sini Saya kelonin kamu biar gak tambah stres…

Jadi Saya Dukung Pihak yang Mana?

Saya milih jadi yang kelonin kamu aja.. hahaha….

Related Posts