Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

Inilah Sebabnya Rohis dan ADS Selalu Jadi Minoritas di Sekolah

Saat kita dakwah di Rohis jangan berharap yang manis-manis. Seringkali rohis beranggotakan sedikit orang. Saya sering berjumpa rohis dengan anggota ala kadarnya. Ikhwan hanya 2, akhwat cuman 3. Total 5 anggota dari 3 angkatan sekolah. Tapi jangan kaget. Lebih banyak lagi sekolah yang belum ada Rohisnya terutama di tingkat SMP. Banyak yang bertanya, mengapa ? Tapi lebih banyak lagi yang berkeluh kesah, sedih dakwah tak kunjung maruah.

Dalam Surat Al-Anbiya  Allah sudah memberitahu kok, nasib pejuang dakwah tidak akan mudah. Jalannya terjal dan berliku :

Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan. ( Al – Anbiya : 35)

Ingat kembali bagaimana perjalanan dakwah Rasulullah.. beliau memulai dakwah sebagai seorang minoritas.. seorang diri. Berhari – hari.. berbulan – bulan berliau berdakwah.. hanya sedikit orang yang mau mendengar perkataannya. Sebagian besar justru menjelek – jelekkan dan mencela pebuatannya. Tidak hanya itu, jika tiba saatnya perbuatan Rasulullah sudah mengganggu “bisnis” para pembesar mekah, maka mereka tidak segan melukai dan mengganggu Rasulullah hingga sampai tingkat ancaman pembunuhan.

Sayyid Quthb dalam kitab Tafsir Fi Zhilalil Qur’an pernah berkata bahwa terdapat 8 ujian yang akan menyapa setiap pejuang dakwah yaitu :

  1. Penganiayaan dari kebatilan dan para pelaku kebatilan kemudian dia tidak mendapatkan penolong yang membela dan mendukungnya.
  2. Fitnah yang menimpa keluarga dan orang-orang yang dicintai lantaran diinya, sementara itu dia tidak mampu membela mereka, padahal mereka memintanya berdamai dan menyerah demi cinta dan keselamatan keluarga.
  3. Pemihakan dunia kepada orang – orang yang menolak kebenaran, dan anggapan manusia bahwa mereka adalah orang-orang yang sukses sehingga mendapatkan perhatian masyarakat. Sementara itu, orang yang beriman terabaikan dab tak seorang pun mau membelanya.
  4. Keasingan di tengah lingkungan karena aqidah, sehingga bila ia memandang orang dan masyarakat sekitarnya, terlihatlah mereka sedang tenggelam dalam lembah kesesatan.
  5. Ia mendapati bangsa-bangsa dan negara-negara di dunia ini tenggelam dalam kenistaan, tetapi mereka maju dan berperadaban modem, bahkan memiliki kekuatan dan kekayaan yang digunakan untuk memusuhi Allah dan agama-Nya.
  6. Fitnah popularitas dan daya tarik kehidupan dunia. Ini meru- pakan bencana besar karena justru mendapatkan dukungan fitrah dan tabiat kemanusiaannya.
  7. Fitnah lambatnya kemenangan dan panjangnya perjalanan
  8. Fitnah kebanggaan diri dan penyandaran segala sesuatu kepada dirinya setelah tercapai kemenangan.

Saat ini bentuk konkret dari tabiat jalan dakwah menurut Sayyid Qutub di atas terhadap rohis adalah sebagai berikut :

  1. Sedikit sekali orang – orang yang mau bergabung ke Rohis, sementara pelaku kebatilan banyak dan merajalela.
  2. Banyak guru yang tidak memihak kegiatan Rohis, padahal kegiatan Rohis sangat sejalan dengan visi dan misi sekolah
  3. Rohis terasing di tengah lingkungan remaja yang hedonis. Anak Rohis seringkali dicela. Dibilang sok alim, munafik dan sebuatan kurang mengenakkan lainnya
  4. Program Rohis seringkali tidak membawa hasil yang signifikan dari segi pengikut dakwah. terlihat dari antusiasme murid yang sangat kurang dari kegiatan – kegiatan yang diadakan Rohis.

Jangan Bersedih

Sebenarnya ada ibrah dibalik berbagai ujian dan cobaan ini. Allah sudah menyampaikannya dalam berbagai Ayat :

Sesungguhnya Kami telah menjadikan apa yang di bumi sebagai perhiasan baginya, agar Kami menguji mereka siapakah di antara mereka yang terbaik perbuatannya. (Al-Kahfi : 7)

Allah ingin menguji siapa yang terbaik diantara hambanya. Ujian ini hanya bisa dijawab oleh waktu. Orang – orang yang bertahanlah yang akan melalui ujian ini.

Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun, (Al-Mulk :2)

Allah Maha Perkasa dan Maha Pengampun akan menyisihkan orang – orang lemah dan mengokohkan kedudukan orang yang lebih baik amalnya. Bersabarlah hingga kemenangan itu tiba, dan yakinlah selalu Rohis akan mendulang masa kemenangan yang gemilang.

Jangan Takut Celaan Orang – Orang yang Suka Mencela!

Semua aktivis dakwah pasti akan dicela. Mungkin oleh temannya, atau guru. Bisa juga oleh orang tua. Saya sering mendapat celaan ketika saya berdakwah di Facebook. Sakit memang dicela, namun kalau melihat firman Allah di Al-Maidah ayat 54 ini hati saya menjadi tenteram  :

Hai orang-orang yang beriman, barangsiapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan merekapun mencintai-Nya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang yang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad dijalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya), lagi Maha Mengetahui. (Al-Maidah : 54)

Makanya ketika saya dicela di facebook, saya hanya bisa bersabar. Untuk menghibur hati saya membuat status ini :

image

Semoga menginspirasi hehe.

Tidak hanya itu, saya juga menemukan video yang bagus. Video ini mengajari kita untuk tidak takut berada di jalan kebenaran, meskipun semua orang tidak menyukainya. Semoga kamu terinspirasi 🙂

Akhir kata saya cuma ingin menyemangati biar kamu gak cemberut terus. Para pejuang dakwah akan dikenang penghuni langit meski dunia tidak pernah mengenal perjuanganmu. Lagipula, sebuah kabar menyejukkkan datang dari firman Allah :

… "Berapa banyak terjadi golongan yang sedikit dapat mengalahkan golongan yang banyak dengan izin Allah. Dan Allah beserta orang-orang yang sabar".(Al-Bawarah-249)

Allahuakbar!

Related Posts

Leave a reply