Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

Hantu vs Manusia : Siapa/Apa yang Harus Kita Takuti?

Siang ini istri saya sempat celetuk :

“Kenapa manusia takut hantu ya? Padahal kan manusia meninggal kalau enggak kecelakaan, karena sakit, ya dibunuh sama manusia lagi”

Hmm.. menarik ya. Benak manusia sudah terpolusi cukup besar dengan sosok hantu misterius yang bahkan kita sendiri belum bisa membuktikan keberadaannya. Banyak orang mengklaim pernah bertemu dengan warga bangsa jin itu, tapi tak ada yang mengklaim bahwa hantu pernah mencelakai manusia. Yeps, pernahkan ada manusia sampai mati dibunuh hantu?

Rasulullah sendiri menjelaskan bahwa jin itu ada. Dia eksis. Hanya saja bentuknya yang kasat mata membuat dia sulit (hampir tidak mungkin) dilihat oleh mata telanjang. Jadi kenapa takut?

Manusia Lebih Berbahaya Dibanding Hantu

Mari kita bikin eksperimen kecil-kecilan. Coba letakkan uang 100ribu rupiah di atas nisan sebuah kuburan. Lalu bersembunyilah di balik semak-semak. Lakukan berulang kali sampai uang itu hilang. Saya bisa jamin yang ngambil uang pasti manusia. Alasannya jelas : hantu gak butuh uang!

Meskipun kamu menganggap hantu disuruh dukun mengambil uang maka kuburan bukanlah tempat yang layak buat berburu uang, melainkan bank! Maka seharusnya komplotan tuyul cukup cerdas untuk mencuri uang di bank. Nyatanya tidak.

Nyatanya selama ini uang selalu hilang karena ulah manusia. Perampokan, pencurian, penjambretan, hipnotis, pembobolan, penipuan, dan lainnya; semua dilakukan manusia. Tuyul tidak bisa apa-apa melihat kedigdayaan manusia dalam mencari uang haram.

Termasuk juga pembunuhan, pemerkosaan, pedofilia, pengrusakan alam, dan peperangan semua disebabkan oleh ulah manusia. Jin hidup di alamnya sendiri dengan urusannya sendiri.

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusi, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)

Apa Kamu Pernah Melihatnya?

Apa kamu pernah melihat hantu? Atau apa ada kejadian kriminal yang disebabkan oleh jin? Kasih tahu saya ya. Siapa tahu saya keliru. 🙂

Leave a reply