Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

Halal Alert! 17++ Restoran Halal di Bali (Halal, Murah, free Wifi, buka 24 jam)

Bagikan, insya Allah jadi amal kebaikan

Ini kali keduanya saya pergi ke bali. Dulu pertama kali ke bali dengan misi jalan-jalan ala backpacker dengan teman. Nah, sekarang dengan misi yang lebih “elegan” yaitu presentasi paper di salah satu hotel berbintang di Denpasar.

Please jangan jealous dulu karena pergi ke bali ada sisi negatifnya. Terutama buat kita pemeluk agama islam. Di bali itu SUSAH nyari makanan halal. Bukan apa – apa, di sana makanan halal itu gak berserakan kayak di pulau jawa. Kayak hitam dan putih, di bali yang banyak justru makanan haramnya.

Kamu bisa melihat dengan mudah papan nama restoran menawarkan masakan babi dan minuman keras. Terutama di daerah kuta. Wah di sana malahan bar dengan miras udah kayak factory outlet di bandung. Dimana-mana ada!

Thank God Alhamdulillah saya ada sodara di bali jadi bisa nanya-nanya. Gimana cara mendapat makanan halal di sana.

Daftar Makanan Halal di Bali

Kamu gak perlu se-worry saya karena ini sudah saya catat daftar makanan halal yang ada di bali. Selamat wisata kuliner bro!

1. Kedai Ceret Denpasar

Disini makanannya ala angkringan. Semua halal alhamdulillah. Kalau kamu ada di daerah Renon tempatnya dekat. Ada di Jalan Tukad Yeh Aya Denpasar. Di sini cocok makan sambil santai-santai.

2. Warung Mak Beng Sanur

Di warung Mak Beng ini masakannya ala seafood gitu. Ada ikan goreng dan sup ikan. Yang paling menonjol adalah sambal pedasnya.

Lokasinya ada di Jl. Hang Tuah No. 45 Sanur. Jadi kalau kamu lagi wisata di daerah Sanur carilah warung mak beng ini. Ikannya terkenal segar-segar lho!

3. Nasi Ayam Ibu Oki

Nasi ayam ibu oki ini adalah nasi campur ayam yang terdiri dari  Ayam bumbu Khas bu Oki, ayam sisit, kacang goreng, sate lilit, sambal mata, sayur urap dan pingang telur. Nasi ayam ibu oki ini Cocok dinikmati saat santap siang.

Lokasinya ada di Jalan Uluwatu Jimbaran dekat Jenggala Keramik.

4. Nasi Goreng Denpasar 1001 Malam

Yang ini bentuknya warung kaki lima. Disini disediakan makanan nasi goreng, mie goreng serta lalapan dengan harga terjangkau tapi rasamya yang enak

Lokasinya ada di jalan rasa sesetan dekat lapangan pegog denpasar selatan.

5.Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Nasi ayam kedewatan itu sejenis nasi campur tapi bercita rasa khas rempah bali yang enak. Isinya nasi putih, sayur urap kacang panjang kelapa, ayam suwir bumbu sambal, ayam goreng, ayam kampung bumbu pedas, kulit goreng, sate lilit, dan pepes / tum ayam, pokoknya lengkap deh. Sangat enak, pedasnya juga uwow! Seuhah…! sangat cocok buat kamu pencinta makanan pedas.

Lokasi aslinya ada di jalan kedewatan ubud, tapi ada juga di jalan tukad badung Renon denpasar selatan.

Beberapa pembaca rohis keberatan kalau Nasi Ayam Kadewatan dikategorikan halal. Karena saya juga membuat daftar ini tanpa kajian yang ilmiah, maka untuk sementara saya outlist dulu Nasi Ayam Kadewatan ya. Bukan berarti haram juga lho.
Big thanks to mas hanix atas responsenya. Jazakallah..

6. Kober Mie Setan Denpasar

Menu makanan di restoran ini tergolomg unik dan nyentrik. Kayak mie setan dan mie iblis yang  pedasnya luar biasa, bagi anda penyuka makanan pedas.

Lokasinya di jalan bedugul, samping universitas pendidikan nasional (Undiknas) denpasar selatan.

Mie Setan juga dikabarkan tidak sehalal yang distandarkan dalam islam alias meragukan. Perlu pengecekan ulang dan kunjungan langsung ke tko untuk memastikannya. Jadi saya outlist dulu demi kemaslahatan saudara kita.

7. Bakmi Jowo Candra

Ada yang unik di restoran halal ini. Masakan di warung ini dimasak dengan menggunakan arang.

Masakan yang disajikan di warung ini diantaranya ada  Bakmi Goreng, Nasi Goreng,dan Sego Ruwet. Walaupun masakannya hanya beberapa saja, tapi rasanya maknyus.

lokasinya ada di jalan dipenegoro, pertokoan genteng biru depan.Apotik kimia Farma denpasar

8. Tahu Tek Cak Poer

Di bali ada tahu tek yang sangat maknyus di lidah, namanya Tau tek tek Cal poer

warung kaki lima yang sederhana ini hanya menyediakan 1 jenis makanan saja yaitu tahu tek, tapi rasa tahu tek cak poer ini emang maknyus banget, saya recommendasikan bagikamu yang sedang cari makan jawa yang halal di bali

lokasinya ada jalan di penegoro di parkiran komplek ruko tragia, muka mall ramayana denpasar.

9. Spesial sambal mister lele

Restoran ini termasuk favorit di antara turis muslim domestik. Restoran ini spesial karena menawarkan sambal masak yang super variatif : 31 macam sambal!

Lokasinya ada di By Pass Ngurah Rai Jimbaran 24 dan jalan Kampus UNUD jimbaram dekat GWK ( garuda wisnu kencana ).

10. Rumah makan Sunda dan Jawa

Di bali banyak juga restoran besar yang menyajikan masakan Sunda dan Jawa yang halal.

Di daerah Bedugul ada restoran halal namanya Mentari Restoran.

Di daerah Kintamani ada namanya Batu Indah Restaurant dan Suling Bali Restorant. Kedua- duanya menyajikan masakan halal.

Di daerah Denpasar ada namanya Ayam Bakar Taliwang, lokasinya di Jalan Teuku Umar. Kemudian Tulang Lunak Hayam Wuruk, bertempat di jalan Hayam Wuruk. Ada juga restoran Cianjur yang bertempat di Renon Denpasar.

Kalau kamu backpackeran di daerah pantai kuta ada 4 restoran halal di sana. 1. Warung plengkung di jalan raya kuta. 2. Pawon pasundan di jalan kediri kuta. 3. Warung bandung di jalam Sunset Road kuta. 4. Rumah makam madania di jalan By Pass ngurah rai kuta.

11. Warung Wardani

Nama warung Wardani Bali sangat dikenal wisatawan nusantara yang jalan jalan ke Bali. Salah satu warung makanan yang menyediakan hidangan khas Bali dan telah cukup lama dibuka di jantung kota Denpasar. Alamat warung Wardani Kuta di Jl. Yudistira No. 2 Benoa Kuta Selatan Badung Bali, 80361 sekitar 1 jam perjalanan dari bandara Ngurah Rai.

Menurut kawan kita yang sudah bertahun-tahun tinggal di bali, warung wardani tidak bisa dipastikan kehalalannya. Saya jadi takut kalau terus memasang daftarnya disini. Jadi saya outlist juga. Maaf ya mas wardhani. Apa mungkin ada diantara teman-teman yang bisa memastikan kehalalan warung wardani secara ilmiah atau invetigatif? Ditunggu reportasenya..

13. Makanan Masakan Padang

Kata tanteku bali sekarang berbeda dengan Bali di tahun 90an. Sekarang banyak rumah makan padang di berbagai tempat di bali. Terutama di kotanya. Kalau kamu lagi darurat laper cari aja masakan padang, apapun nama tokonya karena masakannya halal semua.

Salah satu restoran padang yang populer ada Natrabu Padang di Jalan By Pass Ngurah Rai Sanur.

14. Fried chicken

Ini juga bisa jadi andalan kalau kamu udah laper siaga satu. Rata -rata waralaba fried chicken seperti KFC atau McD di bali sudah tersertifikasi halal. Selain dua merk di atas ada juga A&w dan burger king yang bisa kamu kunjungi.

15. Warung Muslim

Di bali juga bisa kamu temui warung -warung nasi yang jelas – jelas memajang kata muslim di spanduknya. Nah, kalau kamu menemukan itu boleh deh kamu makan di sana. Rata – rata warung muslim itu menjajakan masakan jawa timur atau tengah.

16. Warung seafood

Ini menurut tanteku. Kata beliau rata-rata rumah makan seafood di bali sudah halal Seperti Gekko the ocean cafe yang ada di Jimbaran atau warung mak beng di Sanur.

Tapi saya belum cek lagi. So, jadikan kunjungan ke rumah makan seafood sebagai prioritas terakhir saja ya.

17. Warung Bu Umi, buka 24 jam

Warung Bu Umi ini halal alhamdulillah. Tapi enaknya lagi dia buka 24 jam dan menawarkan free WiFi. Enak banget kalau kamu cari restoran untuk sahur dan berbuka.

Lokasinya ada di Kuta Central Park, Istana Kuta Galeria.

Ayam juga bisa Haram

Jangan pernah menyangka bahwa makanan – makanan sederhana seperti nasi kuning, bubur ayam atau lontong itu halal. Selama penjualnya tidak memasang logo “halal” atau “muslim” di gerobaknya maka jangan sekali-kali mampir ke situ. Karena bisa jadi ayam yang dimasak tidak disembelih dengan mengucap basmalah. Atau bisa jadi juga kuali atau minyak yang dipakai memasak pernah digunakan untuk memasak makanan haram.

Di bali masakan ayam yang paling terkenal namanya ” Ayam Betutu”. Rumah makan yang menyajikannya ada yang halal ada juga yang tidak. So, be careful ok!

Pandangan warga bali mengenai “Haram”

Pada umumnya warga bali menghargai kecenderungan pendatang muslim untuk menyantap makanan halal. Namun terkadang ada di antara mereka yang menganggap “Haram” itu artinya cukup dengan tidak mengandung babi saja. Padahal, “Haram” dalam syariat islam lebih dari itu. Termasuk daging yang disembelih tidak dengan mengucap bismillah dan penyedap masakan yang mengandung alkohol.

Bagaimana menurutmu?

Kalau saya dikasih waktu lebih banyak di bali tentu akan saya dokumentasikan semua rumah makan halal yang ada di Bali. Mungkin kamu ada referensi lain? Rumah makan halal mana lagi yang belum saya sebut di atas?

Update

Setelah melakukan investigasi sederhana dengan berat hati saya harus hapus 3 nama dari daftar ini yang berarti hanya 14 yang bisa saya rekomendasikan untuk traveller muslim sekalian. Jangan sedih ya.. lebih baik makan yang halal meski gak enak daripada hsram tapi enak.

Syukron jazakumullah untuk respon dari kawan-kawan sekalian.

Oya kalau ada nama warung yang perlu di addlist atau di outlist kasih tahu saya ya. Selamat jalan-jalan!