Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

Hadapi UN Dengan Gagah Berani

Ujian nasional, Nasional, se-Indonesia. Salah satu agenda rutin yang dilakukan di negri kita ini setiap tahunnya, yang tiap tiga tahun sekali dirasakan oleh pelajar smp atau sma.

Ujian nasional ini terkadang menjadi hal yang begitu ditakutkan para pelajar se-Indonesia. Kerja kerasmu selama tiga tahun, setiap pagi terjebak dalam kemacetan kota, setiap siang kelaparan karena energi terkuras setelah mencerna pelajaran, sore hari pulang ke rumah atau mungkin harus melanjutkan dengan bimbel, dan malam-malam yang kau lalui untuk belajar. Semua kerja kerasmu itu harus dihadapkan dengan sebuah ujian didepan puluhan soal.

Ada yang merasa tidak adil, ada yang merasa takut, dan tentunya ada yang merasa percaya diri karena yakin kerja kerasnya selama ini tak akan sia-sia. Sebagai pelajar kita seharusnya bisa menjawab seluruh pertanyaan-pertanyaan dalam ujian nasional dengan gagah berani.

Gimana sih caranya biar kita bisa menjawab soal dengan gagah berani? ITSAR punya jawabannya nih,

Pertama, Luruskan niat. Kita semua tahu ujian nasional ini diadakan untuk menguji apakah kita layak lulus sekolah dan masuk ketingkat yang lebih tinggi atau tidak. Tapi tetep nih kita harus selalu meluruskan niat. UN ini bukan ajang untuk saling membanggakan nilai, UN ini bukan ajang untuk mendapatkan nilai sebesar-besarnya bagaimanapun caranya. Bukan, bukan itu. UN cuma sebuah anak tangga yang harus kita lewati sebelum sampai di lantai yang lebih tinggi. Jadi jangan sampai kita terjebak dalam niatan yang salah. Selalu niatkan langkah-langkah kita untuk Allah SWT.

Kedua, Hilangkan rasa takut dan tidak percaya diri. Sebagai pelajar kita sudah menghabiskan waktu kita untuk belajar, TO dimana-mana, ikut bimbel, belajar bareng temen, jadi ga ada alasan untuk takut menghadapi ujian. Bukannya bermaksud sombong dan yakin bahwa kita pasti bisa menjawab soal dengan mudah. Tapi menghilangkan rasa takut dan tidak percaya diri bisa membuat kita lebih yakin dalam menjawab soal. Gak bakal ragu dan galau didepan berbagai pilihan jawaban.

Ketiga, Tutup telinga dari bisikan-bisikan setan. Ini nih salah satu masalah yang seringkali muncul ketika ujian nasional. Bisikan-bisikan setan untuk curang dalam ujian. Bikin contekan lah, liat kunci jawaban lah, nanya ke temen sebelah lah, banyak deh sebenernya cara untuk melakukan kecurangan dalam ujian. Tapi inget loh itu semua adalah bisikan-bisikan setan. Hati-hati, setan itu selalu punya cara untuk menjerumuskan kita. Jadi kita harus tutup rapat telinga ini dari godaan-godaan yang menerpa. Kalau ada temen yang nyontek jangan sampai kita ikut-ikutan. Kalau ada yang nawarin kunci jawaban jangan sampai kita goyah. Jangan lupa untuk banyak-banyak istighfar.

Keempat, Jaga kesehatan dan stamina. Selalu sarapan, minum susu, atau mungkin minum madu dan vitamin. Walaupun kita dipusingkan dengan banyaknya materi yang harus kita kuasai, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan tubuh. Kan ga lucu kalau ternyata kamu pingsan di tegah ujian, atau bahkan sakit parah dan ga bisa datang ke sekolah. Jaga kesehatan itu penting, ketika kondisi badanmu fit, kamu bisa fokus dalam mengerjakan soal, ga bersin-bersin dan batuk, atau bahkan sibuk ngelap ingus.

Terakhir, Minta restu orang tua dan selalu tawakal. Ini nih senjatanya umat muslim. Do’a, jangan lupa minta orang tua untuk selalu mendo’akan kita. Berdo’a agar kita bisa menjalani ujian dengan lancar, berdo’a agar kita bisa menjawab soal dengan benar, dan berdo’a agar kita tetap berada di jalur yang benar. Setelah minta do’a pada orang tua, kita juga harus tetap berdo’a dan bertawakal. Menyerahkan segalanya pada Allah SWT, karena segala hal yang namanya hasil itu tinggal dipasrahkan saja, itu sepenuhnya hak Allah untuk memutuskan. Yang penting kita sudah tunjukkan usaha dan do’a terbaik kita.

Nah, semoga teman-teman semua bisa menjalani ujiannya dengan lancar ya. Jangan lupa dicoba tips-tipsnya. Dan semoga Allah SWT selalu merahmati setiap langkah kita. Aamiin

Leave a reply