Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

Game Berkenalan : “Ada yang Udah Pernah?”

Game ini pas banget buat kelompok mentoring yang baru aja mulai dan belum ada interaksi apapun dengan peserta mentoring lainnya. Biasa kan kalo mentoring perdana tuh diem-dieman. Hening. GeJe gitu deh.. makanya harus dicarikan dengan sebuah game.

Game ini namanya “Ada yang udah pernah? “.

Caranya gampang banget. Sediakan kertas dengan tabel pertanyaan berikut ini sejumlah peserta :

image

Bagikan ke tiap peserta dan minta mereka mencari orang yang sudah pernah melakukan hal-hal yang ada di tabel. Misalnya nih, ketemu peserta yang sudah pernah naik pesawat, minta orang tersebut menuliskan namanya di tabel. Tanyakan juga pertanyaan lainnya. Lakukan ke semua orang yang ada di kelompok hingga tabel terisi semua..

Peserta yang mendapat jawaban terlengkap dan tercepat dialah yang menang!

Kamu bisa mengganti pertanyaannya dengan yang lain 🙂

Game ini bisa ditambah variasinya dengan menyediakan kertas pertanyaan yang tidak sama antar sesama pemain, dengan demikian semakin banyak hal-hal yang bisa dieksplor bukan! 🙂

 

Renungan dari Al-Qur’an dan Hadits

“Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.” (Ali Imran: 103)

Allah menghendaki sesama muslim untuk bisa bersatu secara erat satu sama lainnya. Keeratan ini tidak akan terwujud jika kita tidak mau memulainya dengan saling berkenalan satu sama lain. Perkenalan adalah awal mula dari Ukhuwwah Islamiyah.

Identitas Game

Fitur

  • Gratis/ low cost
  • Untuk berbagi dan tahu satu sama lain 
  • Bisa siang / malam hari
Objektif 

  • Ice breaker
  • Membangun team work
Lokasi 

  • Indoor
  • Area luas 
  • Area kecil
Umur 

  • Remaja (Age 12-15)
  • Remaja (Age 16-18)
  • Mahasiswa
Ukuran Peserta 

  • Group Kecil (1-9 peserta)
  • Medium (10-29 peserta)
  • Group besar (30+)
Durasi 

  • Pendek (1-10 Menit)

Related Posts

Leave a reply