Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

Duh Aduh Skip Challenge…

Bagikan, insya Allah jadi amal kebaikan
K
alau mau disebut anak gaul sih katanya harus melakukan kegiatan-kegiatan yang lagi hits di media sosial. Nah, beberapa hari ini media sosial lagi rame banget sama yang namanya Skip Challenge. Jadi Skip Challenge ini adalah sebuah tantangan bagi anak-anak jaman sekarang untuk menekan dadanya sehingga nafasnya terhambat dan kemudian tak sadarkan diri.

Para remaja tertarik melakukan tantangan ini untuk merasakan sensasi meningkatnya adrenalin dan tentunya untuk mendapatkan pengakuan sebagai anak yang hebat dan keren.

Sadar atau tidak, Skip Challenge ini sangat berbahaya bagi kesehatan. Karena pada dasarnya sensasi tak sadarkan diri terjadi akibat terhambatnya asupan oksigen ke otak. Otak bertugas mengendalikan aktivitas tubuh seperti detak jantung, pernapasan, sistem gerak dan hal-hal kompleks lainnya. Saat otak kekurangan oksigen akan terjadi kekacauan fungsi-fungsi anggota tubuh karena otak tidak bisa bekerja sebagaimana seharusnya. Hal ini lah yang menyebabkan pingsan, kejang atau bahkan kematian.

Saking berbahayanya Skip Challenge bahkan Mendikbud melarang para siswa untuk melakukan tantangan ini. Menurut Muhadjir Effendy Skip Challenge sangat berbahaya bagi siswa dan ini harus diberikan larangan keras. Guru dan Kepala Sekolah perlu memberikan perhatian khusus, dikutip Sabtu (11/3). Beliau menyatakan tantangan tersebut akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan siswa baik dalam jangka pendek ataupun jangka panjang.

Memang sih masa-masa remaja masa dimana penuh semangat dan ingin mencoba berbagai hal baru. Tapi sayang juga loh kalau kita pergunakan waktu kita untuk hal-hal yang tidak bermanfaat atau bahkan buruk bagi kesehatan seperti tantangan ini.

Sebenarnya masih banyak kok tantangan-tantangan lain yang bisa dilakukan dan tentunya lebih bermanfaat. Misalnya Seven Days Qur’an Challenge, tantangan ini juga lagi banyak muncul di sosial media loh. Jadi bagi siapapun yang ditantang dengan tantangan ini harus memposting sebuah ayat Al-Qur’an yang penuh makna selama tujuh hari kemudian menantang teman-teman lainnya. Selain bermanfaat untuk diri sendiri tantangan ini juga pastinya bisa bermanfaat bagi orang lain, dan bisa jadi peluang amal bagi kita.

Jadi dari pada melakukan tantangan-tantangan ga jelas dan ga berfaedah, lebih baik kita lakukan tantangan yang lebih bermanfaat yuk.

Leave a reply