Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

Da’wah Sekolah I’m in Love

Bagikan, insya Allah jadi amal kebaikan

Ini adalah tulisan tamu dari Ummu Karim, Alumni Rohis SMP 5 Bandung

Da’wah Sekolah (DS) ,hmh…. membicarakannya seperti membicarakan cinta pertama yang tak pernah usai. Seperti mimpi yang membara untuk terwujud.Seperti asa yang tak pernah padam.

Why DS? Ada terlalu banyak alasan untuk mencintai DS. Untukku pribadi DS adalah hidayah tersendiri dalam pengembaraan hidup di bumi yang fana ini.

Disisi lain DS punya sejuta tantangan tersendiri. Menarik dan memacu adrenalin. Di DS kita bertemu tunas-tunas muda yang siap dilukis dengan fikroh islami. Namun tantangan terbesar adalah mendampingi para kader bernafas panjang dalam da’wah ini.

Dulu aku selalu berpikir bermimpi bahwa adik-adik yang terbina sejak smp akan punya imunitas dan hamasah yg besar. Akan mampu melahirkan generasi sekelas binaan ustad Hasan al Banna dan generasi penerusnya. Pemuda-pemuda yang faham akan tujuan hidupnya, pemuda yang jelas cita-cita hidupnya, pemuda yang mencintai da’wah lebih dari dirinya sendiri, para pemuda dengan fikrah yang lurus.

image

Ah betapa mimpi itu teramat indah. Namun ternyata mimpi itu masih harus dijalankan dengan kerja keras, saat satu persatu rijal-rijal DS mundur dari jalan ini. Kecewa, figur yang pergi, prioritas lain,keluarga, perniagaan dan ada banyak alasan lainnya membuat ruang-ruang syuro kembali terasa sepi. Meski tak sedikit yang terus bertarung di Dakwah Kampus (DK), sya’bi dan profesi.Maka DS selalu menarik untuk dijalani meski kini sya’bi menjadi ladang utamaku.

Bernafas panjang, berdawah sesuai dengan fitrah. Setelah menjadi orang tua aku memahami bahwa membentuk syaksiyah islamiyah butuh pengetahuan tentang siapa objek da’wah kita. Bagaimana kita menyebarkan fikroh sesuai dengan fitrah.Memahamkan dengan cinta, mentakwim dengan indibath dan memberikan beban tanpa istijal (terburu-buru).Menjadikannya ramuan yg pas untuk remaja-remaja yang dahsyat itu.

image

Menoleh kebelakang menjadi kewajiban untuk mengevaluasi setiap perjalanan DS yang dilalui. Mencari cara terbaik membina fitrah-fitrah insani ini bernafas panjang untuk jalankan tugas kekalifahannya.

Leave a reply