Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

Cara Paling Gampang Bedakan Nafsu dan Cinta

Pacaran itu nafsu atau cinta? Ini cara paling gampang membedakannya..

Istilah nafsu dan cinta keduanya ada disebutkan dalam al-Qur’an. Arti dan penggunaannya berbeda. Kesimpulannya Allah membedakan nafsu dari cinta begitupun sebaliknya.

Nafsu salah satunya disebutkan dalam ayat berikut :

Sesungguhnya kamu mendatangi lelaki untuk melepaskan nafsumu (kepada mereka), bukan kepada wanita, malah kamu ini adalah kaum yang melampaui batas. (Al-A’raf ayat 81)

Bahasa Al-Qur’annya syahwat. Dan masih ada 34 ayat lagi yang menggunakan kata ‘nafsu’.

Cinta disebutkan dalam ayat berikut :

dan sesungguhnya dia sangat bakhil karena cintanya kepada harta. ( Al Adiyat ayat 8)

Bahasa Al-Qur’annya hubb. Dan masih ada 7 ayat lagi yang menggunakan kata ‘cinta’.

Beda nafsu dan cinta

Karena bahasannya adalah ‘cara paling gampang’, maka saya gak akan bertele-tele membahasa keduanya. Lain waktu kita bahas ya sains fisiologis mengenai cinta dan nafsu. Kita to the point aja ke cara membedakan nafsu dan cinta.

Jadi gini. Nafsu adalah sebuah trigger yang dianugerahi Allah kepada manusia agar kita memiliki sesuatu. Awalnya kita gak punya, nah agar kita mempunyainya, membutukannya, maka Allah lengkapi jiwa kita dengan mekanisme nafsu. Sehingga kita jadi punya.

Misal.. tubuh kita laper.. kita gak punya makanan.. nafsu kita akan berkata “carilah makanan”. Sehingga kita cari warteg terdekat pesen nasi sama gulai jengkol. Saat kita kenyang, nafsu itu hilang. Alhamdulillah..

Misal.. kita jomblo.. ngiler sama patung manekin di mall – mall.. nafsu akan berkata “carilah jodoh”. Sehingga kita cari wanita terdekat tercocok lahir batin lalu ajak nikah. Saat sah ijab kabul, nafsu nyari jodohnya hilang. Muncul lagi nafsu yang lain (you know lah..). Alhamdulillah.. udah nikah..

Nah, kalau cinta gimana? Gini.. justru cinta itu kebalikan dari nafsu.. yaitu sebuah insting untuk menjaga sesuatu yang sudah kita miliki agar tidak hilang. Awalnya kita sudah punya.. agar tidak hilang Allah lengkapi jiwa kita dengan mekanisme cinta sehingga dijaga biar gak hilang. Kalau hilang, kita akan menangis sejadi-jadinya. Itulah cinta.

Misal.. kita punya Samsung galaxy s6 edge. Kita jaga tuh biar gak ilang.. dirawat bener-bener.. sekalinya dicopet orang.. nangislah kita.. itu namanya cinta..

Beda sama Gilbert.. hapenya cina merk Crosscek. Beli 400rb-an. Udah lecet, lcdnya ancur. Batre ngedrop.. eh taunya kecemplung ke sungai.. Gilbert gak nangis.. masih bisa beli lagi.. nah itu artinya dia gak cinta.

Contoh lain

Nah sekarang liat deh aki sama nini. Sampe umur 95 tahun masih harmonis aja. Padahal aki udah gak ada nafsu untuk menggauli nini. Tapi kok aki dan nini tetap romantis? Itu karena keduanya tidak ingin kehilangan satu sama lain. Itulah cinta.

Kesimpulan

Nah keliatan kan sekarang bedanya dimana? Nafsu akan membuat seseorang yang belum memiliki jadi memiliki. Cinta akan membuat seseorang yang sudah memiliki tidak ingin kehilangannya.

Jadi nembak lawan jenis untuk jadi pacar nafsu atau cinta?