Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

Cara Mudah Menyadari Bahwa Kita Lemah, Sehebat Apapun Kita

Seringkali saat kita punya banyak hal, cerdas dalam berbagai hal, dan kuat di berbagai medan, godaan untuk ujub, riya dan sombong itu ada. Seakan itu karena kita dan tak mau mengakui itu pemberian Allah. Padahal kita lemah. Nah, agar tak kufur seperti firaun, begini cara memahaminya.

Saya sering merasa begitu. Saat menjadi juara kelas, atau mendapatkan doorprize utama. Serasa saya banyak peruntungan. Lupa bahwa itu pemberian dari Allah. Celakalah! -kata Allah- Celaka orang yang kufur nikmat.

Seram ya.

Perumpamaan Keran Air

Mari kita gunakan perumpamaan. Pergilah ke tempat wudhu. Lalu bukalah salah satu kerannya. Air mengalir deras ya, kan. Sekarang tanya pada diri kita. Siapa yang mengalirkan air itu? Kamukah? Bukan!!

Kita hanya orang yang membuka keran. Itu saja. Yang buka keran bisa saja orang berdasi, berotot kuat, dan berdompet tebal. Tapi tetap saja yang mengalirkan air bukan sesiapa pun!

Adalah Allah yang membuat airnya mengalir dengan terlebih dahulu memindahkannya ke torrent lalu siapa mengalir ke siapapun yang membuka kerannya.

Kisah Para Nabi dan Orang Sholeh.

Perumpamaan ini banyak terjadi di kisah para nabi dan orang sholeh. Seringkali saat mereka memohon pertolongan, Allah terlebih dahulu menyuruh mereka “membuka keran” sebelum pertolongan itu turun.

Ingatkah saat Musa memohon pertolongan di pinggiran laut merah? Allah menyuruh Musa memukulkan tongkatnya ke tanah, lalu lautpun terbelah.

Ingatkah saat maryam tak kuat dan kelaparan saat mengandung Isa? Allah menyuruh maryam menggoyang pohon kurma lalu buahnyapun berjatuhan.

Ingatkah saat siti hajar mencari air untuk ismail kecil? Beliau sai 7 kali bolak-balik lalu air mengucur di kaki ismail.

3 Orang shalih di atas hanya “pembuka keran”, sisanya Allah-lah yang mengucurkan rezekiNya.

Selamat Tinggal Merasa Hebat dan Berjasa

Apapun yang kita perbuat, sebenarnya di hadapan Allah kita hanyalah “pembuka keran”. Dan, lebih seringnya tidak ada hubungan antara keran yang kita buka dan apa yang mengucur deras darinya. Bisa jadi air yang mengucur, atau sesuatu yang tidak kita sangka-sangka.

Begitulah cerita dari seorang yang pintar, kaya dan kuat raganya. Boleh jadi mereka belajar dan berusaha, namun Allahlah yang membuat mereka pintar, kaya dan sehat.

Betul tidak? #gayaAaGym.