Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

Cara Memperkuat Daya Ingat

Jadi inget iklannya Om Dedy OCD tentang obat peningkat daya ingat. Apa namanya? Cerebrotot? Ah pokoknya itu lah ya. Saya belum pernah nyobain, tapi kalau kamu nyobain saran saya minumnya jangan bareng Panadol karena kamu pasti akan bilang “Sakit kepala? Sudah lupa tuh..”

Saya ingin berbagi tentang cara meningkatkan daya ingat tanpa obat. Tanpa obat saudara-saudara! Sebab obat hanya untuk orang sakit.. sementara kebanyakan kita tidak ingat karena malas mengingat. Itu.

1. Kaitkan Materi Baru dan Lama

Saya selalu merasa bahwa apa yang kita pelajari sebenarnya pengulangan dari apa yang telah kita pelajari di bangku sekolah. Contoh nih ya. Bahasa Indonesia isinya pengulangan mengenai cara menulis yang baik. Bahasa Inggris isinya grammar, vocab dan translation. Seringkali kita bisa mudah menghafal kalau kita bisa kaitkan dengan materi yang pernah dipelajari sebelumnya.

2. Ikhtiar untuk terus mengingat

Kita akan mudah mengingat sesuatu kalau kita punya passion dan ketertarikan kepadanya. Musik mudah dihafal karena kita senang dengan alunan suaranya dan sentakkan musiknya.

Kalau kamu bisa mencari alasan kenapa kamu suka dengan pelajaran tertentu, maka mengingat akan terasa sangat ringan.

3. Keterampilan mengorganisasi pikiran

Gak semua materi harus kita hafal. Perhatikan penekanan yang diberikan guru ketika mengajar. Misal dengan cara diulang-ulang, menggunakan contoh soal atau dibahas dengan sangat terperinci. Biasanya yang begitu itu yang wajib kita hafal.

4. Visualisasi, Menuturkan kembali dan Menghubungkan.

Bayangkan informasi – informasi yang harus kamu hafal jadi deretan gambar yang mudah dihafal. Atau bayangkan grafik-grafik yang memudahkan kita membaca angka-angka. Sesudah itu, perkuat dengan menuturkan kembali apa yang sedang kamu hafal. Pengucapan sesuatu yang harus dihafal lebih efektif daripada hanya kamu simpan dalam hati. Selanjutnya cobalah menghubungkan sebuah kondisi yang bisa jadi clue saat kamu sedang mengingat-ingat sesuatu.

Semoga bermanfaat dan selamat UAS guys..

Source: Yahdi Islam

Related Posts

Leave a reply