Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

Bukan Mukjizat : Al-Qur’an Bisa Menebak Tahun Kelahiran Kamu

Bagikan, insya Allah jadi amal kebaikan

Allah menurunkan Al-Qur’an di malam yang mulia dengan segala kemuliaan yang terkandung di dalamnya. Al-Qur’an, kita tidak menyebutnya sebagai ciptaan Allah, melainkan kalamullah yaitu perkataan Allah. Al-Qur’an diturunkan oleh malaikat jibril kepada Nabi Muhammad SAW sedikit demi sedikit selama kurang dari 23 tahun. Kandungannya adalah mukjizat. Bahkan disebut sebagai mukjizat terbesar Nabi Muhammad SAW.

Angka dan Al-Qur’an

Sudah banyak penelitian mengenai keterkaitan angka di dalam Al-Qur’an dengan alam semesta ciptaan Allah. Misalnya kata bulan disebut 12 kali cocok dengan jumlah bulan di penanggalan hijriyah dan syamsiah atau berbagai perkalian 19 yang cocok dengan angka-angka dalam Al-Qur’an. Lihat disini untuk melihat detail 25 keajaiban Al-Qur’an terkait dengan angka 19.

Al-Qur’an bisa menebak tahun kelahiran kamu?

Semua hitung-hitungan yang sudah saya sebut di atas membuat kita makin takjub. Betapa Allah menyusun AlQur’an dengan begitu sempurna bahkan hingga ke jumlah kata atau tata katanya yang maha-matematika.

Tapi bagaimana dengan klaim berita baru-baru ini yang mengatakan Al-Qur’an bisa menebak tahun kelahiran kamu?

Awalnya saya pikir berita tersebut semacam penemuan ilmiah seperti di atas. Namun saat saya pahami secara detail ternyata tidak ada yang amazing dengan berita tersebut. Coba bayangkan. Cara menebak tahun kelahiran kamu ternyata sesederhana mengikuti rumus : 

114 – umur kamu sekarang = tahun kelahiran kamu

(1900).

Dengan 114 diambil dari jumlah surat
T dalam Al-Qur’an.

Misalnya saya. Umur saya 27 tahun. Maka tahun kelahiran saya adalah 114 -27 = 87. Alias 1987. Wo? Amazing kah?

Saya rasa gak. Dan jawabannya memang TIDAK.

Jadi gini. Rumus itu bisa berlaku karena tahun ini bertepatan 2014. Kalau 2014 dikurangi 114, maka jumlahnya tepat 1900. Namun jika kita sudah berpindah tahun menjadi 2015, maka rumus di atas sudah tidak berlaku lagi. Tahun depan umur saya 28 tahun. Jika mengikuti rumus di atas maka 114 – 28 = 86 (1986). Tahun kelahiran saya menjadi tidak benar. Seharusnya rumusnya diganti menjadi :

115 -umur kamu =

tahun kelahiran

Itu yang benar.

AlQur’an tidak akan berubah

Sebenarnya masalah utama yang ingin saya bahas adalah mengapa orang terburu-buru mengatakan itu mukjizat karena sekedar terlihat “secara kebetulan” bisa menebak tahun kelahiran seseorang? Seharusnya sebuah mukjizat tidak pernah lekang oleh waktu.

Jika AlQuran memang bisa menebak tahun kelahiran maka syarat mutlak yang harus dipenuhi adalah rumus ini berlaku meski sudah berganti tahun. Namun kenyataannya berbeda. Tahun depan rumus ini sudah tidak berlaku lagi. Kalau begini jangan salahkan AlQuran. Tapi jangan klaim bahwa rumus itu berasal dari kemukjizatan alQuran. Sebab dari awal tidak ada ayat dalam AlQuran yang menyatakan mukjizat itu. Manusia saja yang secara ceroboh mengait-ngaitkannya. Karena manusia sumber dari semua kesalahan.

Adakah fakta lain dari AlQuran yang mengagumkan?

Begitu banyak fakta lain AlQuran yang membuat kita takjub. Bisakah kamu sebutkan salah satunya?