Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

Berprestasi di Sekolah Kece, Siapa Takut?

Gak kerasa yaa sudah memasuki masa-masa sekolah dan tahun ajaran baru. Gimana sekolah baru? teman baru? buku baru? baju baru? ekskul baru?

Nah, anak-anak rohis biasanya ngincer sekolah-sekolah yang kece dan favorit. Sekolah favorit biasanya merupakan sekolah yang murid-muridnya pinter, ganteng-cantik, sholeh-sholehah. Nah, buat kamu-kamu yang ingin berprestasi di sekolah favorit, ada sedikit tips yang bisa kamu lakukan supaya bisa jadi rangking 1 di sekolah dan membanggakan ayah ibu.

1. Optimis
Saat pertama kali masuk sekolah favorit, kadang kita malah minder. “bisa ga ya berprestasi disini? aku mah apa atuh?” Kadang kita sendiri yang menghambat diri kita untuk berprestasi. Nah, saatnya kamu mengubah paradigma itu. Kamu pasti bisa berprestasi. Allah akan membantu kamu saat kamu yakin.

2. Membaca sebelum sekolah
Sebelum memulai pelajaran yang akan diajarkan, sebaiknya kamu membaca terlebih dahulu apa yang akan diajarkan di kelas. Itu akan membantu kamu dalam mengingat mata pelajaran di kelas, sekaligus mengkonfirmasi apakah yang kamu pelajari sebelumnya benar atau salah. Jika benar, kamu akan semakin terlatih. Jika salah, kamu tahu bahwa kamu salah dan bisa memperbaiki apa yang telah kamu pelajari sebelumnya. Gak ada ruginya, kok!

3. Berdiskusi bersama teman
Diskusi bersama teman adalah hal yang menyenangkan. Kadang ngobrolin film atau drama terbaru #eh. >.<. Nah, begitu pun diskusi tentang mata pelajaran di sekolah. Jika kamu bisa mengajarkan apa yang kamu pelajari dengan bahasa kamu sendiri, artinya kamu sudah mengerti. Nah, dengan berdiskusi kamu bisa bertukar ide bersama teman. Hal ini akan menambah insight dan pengetahuan kamu.

4. Berlatih
Saat kamu mengeluh karena banyak PR atau tugas. Coba kembali pikirkan, para guru memberimu banyak PR adalah untuk memberimu sarana berlatih dan mengulang kembali pelajaran di sekolah. Ala bisa karena biasa. Peribahasa itu bener, kok! Kamu bisa mengerjakan ujian karena kamu telah biasa mengerjakan latihan dan PR dari bapak ibu guru. Yuk, kita ubah mindset bahwa tugas adalah tanda kasih sayang bapak ibu guru di sekolah supaya kita menjadi ahli.

5. JANGAN NYONTEK!
Jangan pernah ada kata-kata NYONTEK dalam kamus hidupmu. Percaya kamu bisa melakukannya. Berlatih untuk belajar mandiri. Walaupun hasilnya jelek, tetap itu adalah hasil terbaikmu dan kamu bisa belajar dari kesalahanmu.

6. Berdoa
Segala kehendak berada di tangan Allah, doa adalah sarananya. Doa adalah penghubung kita dengan-Nya. Allah lah yang membantu kita mencapai tujuan-tujuan kita. Jadi, sebelum dan sesudah belajar sebaiknya kita berdoa. Memohon agar dimudahkan dalam mencari ilmu dan diberi keberkahan dalam ilmu, agar dapat bermanfaat untuk sekitar.

SELALU SEMANGAT!!

Leave a reply