Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

Berdayakan Alumni Rohis sampai Mereka Tua

Jika ingin Rohis berkembang, jangan tutup mata terhadap keberadaan Alumni. Mereka masih bisa tetap berkontribusi, bahkan sampai mereka sudah berusia senja.

Saya kasih tahu sebuah rahasia :

“Alumni adalah harta dakwah yang sangat berharga, bahkan semakin tua mereka, semakin tinggi nilai mereka”

Potensi Alumni Saat Mereka Kuliah

Saat kuliah, Alumni bisa berkontribusi dengan menjadi mentor dan majelis syuro rohis. Mereka masih memiliki waktu luang untuk bolak-balik kampus-sekolah untuk sekedar berbagi cerita dan motivasi dalam berdakwah. Mereka juga bisa menjadi mentor kamu dalam akademis dan mendorong kamu berprestasi di sekolah.

Bagaimana dengan alumni yang kuliah ke luar kota? Jangan khawatir… mereka juga bisa berkontribusi bahkan dengan sesuatu yang menjadi spesialisasi mereka.. yaitu memenej sosial media.

Percayakan sosial media pada alumni karena mereka bisa membangun jejaring dan mengisi konten sekaligus. Tugaskan satu alumni sebagai admin fanpage fb, alumni yang lain sebagai admin twitter, dan alumni yang lain sebagai admin line oa. Semakin banyak sosial media semakin bagus.

Buat satu grup whatsapp yang diisi semua admin sosial media. Tugas teman-teman hanyalah mengupdate foto kegiatan dan informasi ke grup admin sosial media, lalu biarkan foto dan informasi kegiatan itu dibroadcast ke masing-masing sosial media. BOOM! Seketika kegiatan kita sudah nampang di berbagai lini masa sosial media.

Potensi Alumni saat Mereka Lulus Kuliah dan Bekerja

Mungkin kamu cemberut saat alumni rohis bekerja dan tidak bisa menjadi mentor lagi. Jangan sedih kawan! Mereka bisa jadi donatur tetap rohis kamu! Kalau fresh graduate besaran donasi mungkin masih kecil.. tapi berdoalah! Insya Allah kalau kamu masih bisa menjaga silaturahim dengan mereka, besaran donasi itu akan semakin besar.. berdoalah agar gaji mereka naik terus!! Amin..!

Meski begitu, sebagian kecil Alumni ada yang masih bisa turun kembali sebagai mentor atau membantu kamu melaksanakan kegiatan yang besar dan kolosal. Misalnya bazaar ramadhan, bakti sosial, seminar pranikah atau muktamar Rohis. Kemampuan alumni yang mumpuni dalam kepanitiaan bisa membawa rohis kamu ke derajat yang lebih tinggi lagi..

Potensi Alumni saat Mereka Menikah dan Berumah Tangga

Saat berumah tangga biasanya mereka sudah punya tempat menetap dan anggaran belanja rumah tangga. Kamu bisa manfaatkan rumah Alumni sebagai tempat rapat atau alternatif tempat mentoring.

Kamu juga bisa menawarkan mereka untuk jadi donatur tetap bulanan. Mulai bentuk panitia pengelola donatur dan rekening bank penampung donasi. Infomrasikan secara berkala bulanan kemajuan kegiatan rohis agar Alumni istiqamah memberikan donasinya untuk rohis kamu.

Potensi Alumni saat Umur Sebaya dan jadi “Keluarga Besar”

Saat sudah semakin bertambah umur, selain potensi donasi yang semakin besar ada sebagian yang sudah memiliki perusahaan yang maju dan menduduki posisi puncak di perusahaan di bekerja. Kamu bisa mengajukan proposal ke perusahaan mereka. Yakinlah, karena ada ikatan Alumni mereka tak akan segan membantu dengan dana yang besar atau bentuk sponsor lainnya.

Ada juga yang bisa kamu jadikan ustad di kegiatan Rohis, imam qiyamullail 3 juz saat shalat tarawih atau penguji hafalan qur’an adik-adik karena ketinggian ilmua agama yang mereka miliki.

Satu hal lagi, alumni yang sudah memiliki anak seumuran sma bisa otomatis meminta anaknya untuk menjadi anggota Rohis kamu dan memberi support luar dalam.

Buat apa kamu ragu-ragu lagi?

Kenapa kamu masih ragu memanfaatkan potensi alumni, apa kendala kamu dalam berkomunikasi dengan alumni?