Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

Berbagai Istilah Makanan Kandungan Babi dari Korea, Jepang, Mandarin, Tionghoa, Western dan Nusantara.

Sebagai muslim, kita harus mengetahui apa yang kita makan. Halal atau haram, Thoyyib ataukah berkualitas buruk.

Khusus makanan yang haram, jangan sampai -amit-amit- kita memakannya, sebab bisa membawa dosa. Umumnya, makanan haram adalah yang mengandung babi, meskipun tidak hanya itu.

Agar terhindar dari makanan yang mengandung babi, ada baiknya Anda mengetahui ciri – cirinya. Berikut saya daftar ciri-ciri makanan mengandung babi yang saya ambil dari berbagai sumber.

1. Istilah makanan mengandung babi.

Ibu dan Balita merilis beberapa istilah yang artinya mengandug babi.

Pork adalah daging babi dalam masakan. Swine artinya keseluruhan spesies babi, biasa sebagai penyedap rasa. Boar mengacu pada babi liar. Bacon arti umumnya daging yang diiris tipis. Gak harus babi, tapi banyak dipakai untuk babi. Ham bagian daging paha babi. Sow berarti daging betina dewasa. Sow milk adalah susu babi betina. Pig berarti babi dan biasanya muda. Porcine biasa digunakan di dunia obat-obatan. Artinya berasal dari babi. Hog artinya babi dewasa. Lard artinya lemak babi.

2. Babi dalam bahasa korea dan mandarin.

Republika menambahkan beberapa istilah lain dari Babi pada bahasa korea dan mandarin.

Dwaeji adalah daging babi dalam bahasa korea, biasa jadi varian di bulgogi dan galbi. Bak adalah babi dalam bahasa Tiongkok. Char siu, atau cha siu atau char siew mengacu pada barbeau babi. Rou artinya babi dalam bahasa mandarin (hingshou rou, rou jia mo, tuotuorou, yuxiangrousi). Tonkatsu merupakan ramen jepang terbuat dari tulang, lemak dan kolagen babi. Butaniku, daging babi dalam bahasa Jepang. Nibuta, pundak babi yang dimasak dengan kuah. Cu Nyuk, daging babi dalam bahasa Khek/Hakka. SamGyeoupsal adalah daging perut babi yang dipanggang. Makchang gui adalah jeroan babi panggang.

3. Istilah Babi di Indonesia.

B2 : Sebutan untuk Babi. Umumnyz di Sumatera Utara dan Yogyakarta. Saksang, olahan daging babi khas Tapanuli, Bak Kut Teh, adalah makanan tiong hos sayur asin dengan kaldu iga babi khas Riau. Tinorangsak : Gulai babi khas manado. Babi Cin, makanan khas tionghoa yang jarang dijual di restoran Indonesia, namun diwariskan turun temurun.

Leave a reply