Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

Bahasa Cinta yang Unik

love photo

Dalam tataran emosi, cinta masih sangat abstrak Buktinya, banyak sekali definisi tentang cinta dan tak ada satu pun yang dianggap baku. Untuk  mengekspresikannya, kita perlu “bahasa cinta”.

Begini misalnya :

Kamu lagi suntuk berat karena banyak tugas, uang saku ngepas, ortu kamu sibuk melulu. Apa yang paling kamu harapkan untuk mengusir suntuk itu?

  • a. Apakah seorang teman datang membantu mengerjakan tugas?
  • b. Ortu kamu ngasih segepok uang.
  • c. Kamu ingin ortu datang dan ngajak kamu makan di luar?

Kalau kamu memilih jawaban yang pertama, berarti bahasa cintamu adalah pelayanan. Jika kamu pilih yang kedua, bahasa cintamu adalah hadiah. Sedangkan yang ketiga adalah waktu yang berkualitas. Inilah yang ditulis oleh Gary Chapman & Ross Campbell M.D dalam bukunya Lima BahasaKasih untuk Anak-anak. Dua bahasa cinta yang kedua adalah sentuhan fisik (misalnya tepukan di pundak, rangkulan, dsb) dan kata-kata penegas (ungkapan verbal: “Aku senang melihatmu rajin” dsb.)

Mengenali bahasa cinta adalah proses pembelajaran yang sulit, karena pada dasarnya tiap orang punya bahasa primer yang berbeda. Kamu mungkin terbiasa untuk memeluk dan mencium pipi teman sebagai ekspresi keakraban, tetapi tidak bagi teman kamu. Mungkin dia akan merasa risi. Kalau terus-terusan kamu berlaku demikian sementara dia tidak bereaksi, bisa-bisa sohiban jadi batal.

Dari buku Lets Talk About Love – Sygma