Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

Surga Itu -bukan- Untuk Semua Agama

Surga Allah itu sangat luas, yg akan diisi orang-orang baik beragama Budha, Hindu, Islam, Kristen-Katolik, Konghucu, Kepercayaan, . . .. .

Posted by Ade Armando on Saturday, June 20, 2015

Saya gak akan kritik orangnya. Tapi saya ingin mengkritisi substansinya saja. Jadi Pak Ade Armando jangan marah ya. Saya yakin gak hanya pak Ade yang mungkin berkesimpulan begini tapi bisa juga pak Kakak, pak Paman atau juga bu Tante.

Kabar Mengenai Luasnya Surga

Dari mana keyakinan akan keluasan Surga itu berasal? Tahu dari mana Surga itu luas?
Dari Al-Qur’an tentunya.. ( Karena saya yakin pak Ade belum pernah ke surga, pun di kitab agama lain tidak disebutkan luasnya seluas langit dan bumi, cmiiw) surga itu luas disebutkan dalam dua ayat di dalam Al-Qur’an :

وَسَارِعُوا إِلَىٰ مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa,
(QS Al Imran 133)

سَابِقُوا إِلَىٰ مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا كَعَرْضِ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ أُعِدَّتْ لِلَّذِينَ آمَنُوا بِاللَّهِ وَرُسُلِهِ ۚ ذَٰلِكَ فَضْلُ اللَّهِ يُؤْتِيهِ مَنْ يَشَاءُ ۚ وَاللَّهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيمِ

Berlomba-lombalah kamu kepada (mendapatkan) ampunan dari Tuhanmu dan surga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-rasul-Nya. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah mempunyai karunia yang besar. (Al Hadid :21)

Tapi lihat juga dong statement Allah di akhir 2 ayat tersebut.. bahwa Surga itu diperuntukkan untuk orang-orang yang bertakwa dan beriman kepada Allah dan Rasul-Rasulnya.

Well.. substansi ini yang ingin saya jelaskan. Coba tanyakan pemeluk agama selain Islam.. apakah mereka merasa sebagai orang-orang yang bertakwa? Alih-alih menjawab ‘iya’, tentu mereka akan lebih dahulu bertanya “taqwa itu apa ya?”.

Lalu sadari juga apakah mereka beriman kepada Allah dan Rasul-Rasulnya? Well.. yang menjadikan Nabi Isa sebagai Tuhan sudah out of list. Yang memiliki Tuhan selain Allah juga out of list. Sisanya? Kamu bisa nebak sendiri.

Terlepas dari itu semua, semua pemeluk agama pasti meyakini menjadi pemeluk agama yang baik akan membawa mereka memasuki nirwana, shangri-la, heaven dan istilah negri alam baka lainnya.

Tapi camkan baik-baik bahwa Surga ‘Jannah’ hanyalah milik umat Islam yang bertakwa dan beriman kepada Allah dan Rasulnya.

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ وَالْمُشْرِكِينَ فِي نَارِ جَهَنَّمَ خَالِدِينَ فِيهَا ۚ أُولَٰئِكَ هُمْ شَرُّ الْبَرِيَّةِ“Sesungguhnya orang-orang kafir, yakni Ahli Kitab dan orang-orang musyrik (akan masuk) ke dalam neraka Jahannam; mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk.” (QS. Al-Bayyinah: 6)

وَمَن يَبْتَغِ غَيْرَ الْإِسْلَامِ دِينًا فَلَن يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الْآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ“Dan barangsiapa mencari selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.” (QS. Ali ‘Imran: 85)

Correct Me If I’m Wrong

Bagaimana menurutmu? Adakah penjelasan yang ingin kamu sempurnakan? Bagaimana firman tuhan di kitab agama yang lain mengenai surga? Apakah kamu sependapat dengan Ade Armando? Why or why not?