Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

9 Teknik Brainstorming Mencari Ide Kegiatan Rohis yang Kreatif

Seringkali kita stuck, buntu, butek, gak punya ide untuk merancang kegiatan Rohis yang rame sekaligus bermanfaat untuk membangun Rohis. Kamu harus tahu bahwa ada cara efektif untuk mendapat ide brilian. Namanya brainstorming. Brainstorming adalah cara cepat mendapat ide brillian dengan berfikir secara acak. Dalam postingan ini saya akan mendaftar 12 cara efektif mendapat ide secara brainstorming untuk kegiatan rohis kamu. Siapa tahu kamu akan temukan ide kegiatan keren yang belum pernah ada sebelumnya . ๐Ÿ™‚

1. Lakukan analisis SWOT

SWOT adalah singkatan dari Strength Weakness Opportunity Threat artinya Kekuatan Kelemahan Peluang dan Ancaman. Biasanya analisis swot digunakan untuk menilai kondisi diri. Kualitas sebuah Rohis bisa dilihat dari apa saja Kekuatan yang dimiliki, apa saja kelemahannya, peluang apa yang bisa dicapai, ancaman apa yang menanti di hadapan. Cara melakukannya sederhana. Undang jajaran pengurus rohis lalu minta mereka mendaftar berbagai hal yang bisa dikategorikan ke empat kelompok tadi. Selanjutnya kita bisa fokus

2. Cari Tempat Rapat Baru

Rapat rohis gak mesti melulu di mesjid. Carilah tempat lain yang lebih fresh. Bisa di taman, kafe atau rumah anggota rohis. Suasana baru efektif merecharge otak untuk siap memproduksi ide ide baru nan brillian. Jadi setiap kali kamu suntuk untuk mendapat ide baru cobalah mengganti tempat rapat untuk menyegarkan suasana. Menyegarkan sel otak juga. ๐Ÿ™‚

3. Lakukan hal yang lain.

Jangan dipaksakan kalau udah suntuk. Lakukan hal yang lain, mungkin otak kita butuh relaksasi setelah berfikir cukup penat. Browsing internet, mandi, atau jalan-jalanlah ke kebun binatang untuk refreshing. Siapa tahu ide brillian akan datang tanpa diminta.

4. Berondong ketua rapat dengan ide sebanyak-banyaknya.

Dalam sebuah rapat minta semua orang memberondong ketua rapat dengan ide apapun yang muncul di kepala. Jangan dikomentari dulu. Tulis saja di whiteboard sebanyak-banyaknya. Lakukan selama 10 menit. Setelah itu coba difilter. Sisihkan mana ide yang baik dan ide yang kurang cocok. Sisihkan lagi ide yang biasa dan ide yang brilian. Bisa jadi ide sederhana bisa bernilai brilian. Jadi dorong peserta rapat untuk tidak takut dan ragu menyampaikan ide apapun sesimple apapun.

5. Bawa buku catatan kecil kemanapun kita pergi.

Seringkali kita mendapat ide jenius di waktu yang tidak disangka-sangka. Lagi ngelamun di jamban misalnya. Ingat! Ide itu sulit dapet tapi gampang menguap! Jadi catatlah ide-ide kreatif agar kita bisa mengeksplore lebih jauh saat membutuhkannya. Saat rapat rohis, sampaikan semua ide-ide yang kamu simpan di catatan, supaya bisa ditanggapi oleh teman lainnya.

6. Latihan menulis ide keliling.

Saat rapat rohis, bentuk peserta jadi duduk melingkar. Ikhwan dengan ikhwan, akhwat dengan akhwat lagi. Minta masing-masing peserta menulis ide sebuah kegiatan rohis yang menurut mereka menarik. Lakukan dalam hitungan 30 detik. Jika habis, minta kertas itu digilir ke teman sebelah. Minta mereka memodifikasi ide mentah dari teman sebelahnya. Dengan cara begini ide akan keluar secara brainstorming. Gak hanya itu peserta lain bisa menyempurnakan ide mentah seseorang menjadi ide matang yang disempurnakan oleh semua peserta rapat. Amaxing kan?! Di akhir putaran minta masing-masing orang membacakan ide ‘termodifikasi’ nya.ย 

7. Apa yang akan ______ lakukan?

Kamu punya tokoh idola bukan? Salah satu cara kilat mencari solusi adalah dengan memikirkan salah seorang idola kita dan bertanya: “Apa yang akan dia lakukan dalam kondisi seperti saat ini?” Semoga saat sebuah jawaban muncul, jawaban itulah yang akan meyelamatkanmu dari labirin galau permasalahan hidup.

8. Jadilah orang lain.

Coba lihat dari sudut pandang berbeda. Contoh, sewaktu kamu ngeri melihat orang gila, orang gila malah tertawa melihat kamu bukan? Nah, mencoba menjadi orang lain adalah skill yang amluh untuk bisa melihat permasalahan secara utuh. Sebelum kamu men-judge sebuah kesimpulan, cobalah terlebih dahulu melihatnya dari sudut pandang orang lain, dari waktu yang berbeda, tempat yang berbeda, dan lainnya. Seringkali sebuah kejadian hanya berlaku di tempat tertentu, waktu tertentu, atau bahkan hanya kepada orang tertentu saja.

9. Perbesar budget kamu.

Seringkali tidak ada ide muncul karena kita kekurangan uang. Sebelum kembali memikirkan ide, cobalah menambah pundi-pundi kas rohis dengan berbagai cara (dagang, jasa, sponsorship dll). Setelah kas sudah terkumpul banyak kembali rapatkan kegiatan yang super untuk rohis. Akan lebih mudah insya Allah..