Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

5 Game Icebreaker Cukup dengan Pensil dan Kertas

Seringkali kita gak punya persiapan banyak untuk bikin game icebreaker di sela-sela mentoring. Padahal icebreaker itu sangat dibutuhkan ketika mentoring terasa monoton. Jangan khawatir… ambil kertas dan pulpen di dekatmu lalu mainkan game yang berikut ini.

1. Tic-tac-toe

Game ini familiar untuk kebanyakan orang. Buat garis – garis seperti ‘#’ tapi ukurannya 3 x 3. Game ini untuk dua orang dan dikerjakan secara bergantian dan bergiliran. Misal pemainnya A dan B. A harus menggambar satu X di sebuah kotak setiap dapat giliran, sementara B harus gambar ○ di kotak yang tersisa setiap dapat giliran.

image

Permainan terus berlanjut sampai ada yang berhasil merangkai 3 X atau 3 ○ secara vertikal, horizontal, atau diagonal dan ditetapkan sebagai pemenang.

2. Battleships

Ini game dengan tema perang dunia 1. Misinya menghancurkan “kapal”musuh dan menjaga kapal kita tetap utuh. Pertama – tama sediakan sebuah kertas untuk satu pemain. Kalau main berdua berarti masing – masing pegang satu. Gambar 2 grid kotak 11 x 11 dan buat kolom atas dan kiri jadi huruf A – J dan 1 – 10 seperti gambar di bawah ini.
image

Yang kotak kiri itu posisi kapal kita. 5 satuan kotak untuk Aircrat Carrier – bikin 1, 3 satuan kotak untuk destroyer – bikin 2, 4 satuan kotak untuk cruiser – bikin 1, 2 satuan kotak untuk submarine – bikin 2. Musuh gak boleh lihat.

Kotak sebelah kanan untuk menebak posisi kapal musuh. Nanti ganti – gantian menebak posisi kapal musuh dengan menyebut koordinat kombinasi huruf dan angka. Kalau mengenai kapal tandai X, kalau tidak kena tandai ○. Lakukan terus bergantian sampai ketahuan siapa yang semua kapalnya hancur duluan.
image

Untuk lebih jelasnya kamu bisa lihat video di bawah ini :

3. Hangman

Ini game yang sederhana, tapi menantang.
Misal kamu host gamenya dan temanmu harus nebak sebuah kata yang kamu pikirkan. Cukup kasih clue dari kata itu dengan garis bawah ‘_’ yang sama jumlahnya dengan huruf pada kata itu.

Pertama-tama buatlah gambar tiang gantungan dan tali penggantung leher.

Selanjutnya pemain akan menyebut sebuah huruf. Kalau huruf itu merupakan bagian dari kata yang kamu fikirkan, tampilkan pada ‘_’ yang bersesuaian. Tapi kalau salah, gambar secara berurutan bagian tubuh manusia sesuai kesalahan yang dibuat peserta.

Kalau salah sekali, gambar bagian kepala, salah yang selanjutnya gambar bagian badan, tangan kiri, tangan kanan, kaki kiri dan terakhir kaki kanan. Kalau semua bagian tubuh sudah digambar, tapi kata yang dimaksud belum terjawab, maka permainan selesai.
image

4. Monster

Ini game imajinasi yang rekreatif. Enaknya main banyakan. 4 – 5 orang cukuplah. Objektifnya adalah membuat monster misterius.

Cara mainnya gini. Lipat kertas sejumlah pemain. Pemain berbaris. Pemain paling depan ditugasi menggambar kepala monster. Kalau sudah, lipat. Jangan sampai pemain lain melihat. Estafetkan kertas ke pemain kedua. Tugas pemain kedua menggambar lehernya. Kalau sudah, lipat. Begitu seterusnya sampai pemain terakhir.

Jika sudah, barulah kertas dibuka dan lihat monster misterius seperti apa yang mereka bua t.

image

5. Obstruction

Ini sebenernya game matematika untuk 2 orang. Pertama-tama buat grid yang cukup banyak, misal 6 x6 (boleh lebih).

Pemain 1 akan menuliskan X ke dalam kotak. Pemain 2 akan menuliskan ○ ke dalam kotak. Isinya bergantian. Aturannya sederhana. Pemain hanya bisa menuliskan hurufnya dengan syarat kotak – kotak sekelilingnya kosong. Perhatikan gambar di bawah ini.

image

Pada gambar di atas pemain dengan tanda ○. Kalah karena sudah tidak ada lagi tempat untuk menuliskan tanda ○.

Nanti Tambah Lagi

Sekarang 5 dulu ya, nanti nambah lagi. Referensi yanh lebih lengkap ada di papg.com dan howstuffworks.com. Disana ada lebih banyak lagi permainan dari pulpen dan kertas.

Oya, ingin icebreaker apalagi yang dibahas selanjutnya?