Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

3 Ciri Partai Pemilu yang Baik

Bagikan, insya Allah jadi amal kebaikan

Tulisan ini menyambung postingan terdahulu yaitu “Anak Rohis Jangan Golput”.

Di 9 April 2014 nanti kita akan memilih satu dari 10 Partai yang saling berkompetisi meraih suara terbanyak agar bisa menempatkan wakilnya di parlemen. SEPULUH itu banyak sedikit ya? Kalau dibanding dengan Pemilu tahun 2009 jelas lebih sedikit. Di 2009 ada 44 (empat puluh empat) partai yang bertanding. Alhamdulillah sekarang lebih sedikit.. sesuatu banget ya. 😛

Meskipun lebih sedikit, tetap buat anak Rohis sama aja bikin bingung. Kita ini pemilih muda. Baru aja dapet hak suara. Tapi bingung mau diapakan si ‘suara’ ini. Seolah semua partai sama aja. Sama-sama ingin mengejar kekuasaan. Jadi gimana dong 9 April nanti?! TOLONG!

Politik memang sesuatu yang baru bagi kita. Tapi setidaknya kita sudah belajar sedikit di pelajaran kewarganegaraan kan. Fungsi Partai Politik itu salah satunya adalah menjadi wakil bagi para pendukungnya untuk memperjuangkan hak rakyat di meja parlemen. Meja parlemen itu bisa diibaratkan pentas para wakil rakyat beradu argumen dalam membuat suatu kebijakan yang jika disahkan maka pihak eksekutif –dalam hal ini presiden dan jajaran mentrinya- harus mau melaksanakannya. Misal anak Rohis punya Aspirasi agar di sekolah pelajaran agamanya bisa ditambah dari 2 jam menjadi 4 jam per minggu. Nah, minta tolongnya kemana? Ya ke partai politik ini. Mereka yang duduk di senayan akan meneruskan aspirasi kita ke kementrian pendidikan. Jika mentri pendidikan mau mengabulkan, maka peraturan pendidikan tentang pelajaran agama akan dirubah sesuai dengan peraturan baru. Makanya, memilih partai politik yang tepat penting kita pelajari. Karena gak semua partai politik mau memperjuangkan aspirasi anak Rohis lho!

Bener Bro. Gak semua partai politik itu sama. Kalau anak rohis punya aspirasi, belum tentu semua partai politik sepakat dengan aspirasi kita. Bisa – bisa malah menetang aspirasi kita. Makanya pilihlah partai politik yang punya visi yang sama dengan kita, dan jelas-jelas mau bekerja tulus ikhlas untuk membangun negeri ini. Saya punya 3 syarat mutlak sebuah partai politik yang layak dipilih anak Rohis. Sebenernya sih ada banyak. Tapi ya namanya jamaah manusia kan gak ada yang sempurna. Makanya saya sempitkan aja menjadi tiga. Semoga bisa jadi panduan yang baik untuk teman – temanku pemilih pemula.

1. Pilih partai yang mengedepankan pemikiran Islam.

Gak semua partai punya dasar pemikiran yang Islami. Ada yang liberal, ada yang nasionalis, ada juga yang sekuler. Partai liberal itu mengedepankan kebebasan berekspresi. Cirinya satu : selama tidak merugikan orang lain, maka tidak masalah. Partai Nasionalis mengedepankan harkat dan martabat negara dan bangsa Indonesia. Sementara Partai sekuler ngotot ingin memisahkan agama dengan negara. Kasarnya sih, ulama jangan ikut campur ngurusin negara. Udah, urus aja pesantren Anda!

Masing-masing pemikiran ada kelebihan dan kekurangannya. Namun, sebagai seorang muslim kita tentu menyadari bahwa Allahlah tujuan kita, Rasul teladan kita, Al-Quran pedoman hidup kita. Untuk memenuhi ketiga prinsip dasar muslim ini maka jawabannya ada satu yaitu pilihlah partai yang mengedepankan pemikiran Islam.

2. Pilih partai yang mengedepankan kaderisasi bukan ketokohan.

Banyak partai yang dibentuk hanya demi kepentingan tokoh tertentu. Misal si A ingin menjadi presiden, maka dibangunlah partai untuk mendulang suara. Sudah jadi istilah umum bahwa partai adalah ‘kendaraan politik menuju kekuasaan’. Tapi, mana bisa satu orang membawa perubahan signifikan bagi bangsa ini. Partai politik harus diisi dengan kader-kader yang berkualitas. Kader yang punya kualitas pengemban amanat rakyat. Mereka sudah terdidik dengan baik. Berani melantangkan kebenaran dan bekerja demi rakyat. Bukan demi perut sendiri dan keluarga.

3. Pilih partai yang memiliki sejarah (track record) yang baik.

Mencari partai yang memiliki track record itu gampang. Cari saja yang kasus korupsinya yang paling sedikit tapi banyak mencetak prestasi di berbagai bidang. Parameter lainnya dari partai yang memiliki track record yang baik adalah kader-kadernya aktif berbuat baik di lapangan. Kalau ada bencana banjir mereka mau bantu. Kalau ada tetangga yang kesusahan mereka mau meringankan. Merekalah partai yang layak untuk dipilih insya Allah.

Saya yakin masih ada partai yang memenuhi ke-3 syarat ini. Mereka jelas terasa menfaatnya. Kalau kader dari partai – partai ini gak ada, maka mereka akan dirindukan. Merekalah partai yang layak kita menangkan kawan. Insya Allah..

Masih Ada Waktu

Kalau kamu masih bingung, janganlah terus dipelihara. Bergeraklah untuk mencari tahu. Kenali partai yang bisa memenuhi kriteria di atas. Jangan sampai kita memberikan suara pada partai yang tidak tepat. Partai yang jutru membawa mudharat bagi bangsa ini. Bismillah, yuk kita jelang Indonesia yang lebih baik dengan menggunakan hak suara kita. Memilih partai yang tepat insya Allah…

Related Posts

Leave a reply