Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

#29 Murobbi Sukses : Temui dan Kembangkan Potensi Mad’u

“Sesunggguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaikbaiknya” (QS. 95 : 4).

Halaqah adalah kelompok yang bertujuan memberdayakan anggotanya secara optimal. Pemberdayaan tak mungkin maksimal jika potensi orang yang diberdayakan tidak dikembangkan. Karena itu, sebagai pemimpin halaqah, Anda perlu mengembangkan potensi mad’u.

Namun masalahnya, seringkali murobbi tidak tahu potensi mad’u. Bahkan acapkali mad’u juga tidak tahu potensi dirinya. Gimana cara mengetahui potensi mad’u? Kenali minat, hobi, kelebihan, sifat, dan prestasi masa lalu mad’u. Dari situ Anda dapat membuat “benang hijau” tentang potensi mad’u.

Setelah Anda mengetahuinya, bantu ia untuk mengembangkan potensinya. Caranya, dengan memberikan motivasi agar ia serius mengembangkan potensinya. Juga dengan memberikan tugas yang sesuai potensinya.

Percayalah! Mad’u yang merasa potensinya tidak berkembang di halaqah akan kurang antusias berhalaqah. Sebaliknya, jika Anda terlihat peduli dan pandai mengembangkan potensi mad’u, Insya Allah ia akan betah berhalaqah. Lebih jauh lagi, ia akan merasa berhutang budi terhadap Anda karena telah membantunya mengembangkan potensinya.

Spoiler ALERT!
Beberapa hari lalu kampus-kampus ternama di Indonesia mengumumkan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN. Jadi saya rasa di bulan MEI alangkah tepat kalau kita membahas persiapan memasuki kuliah beserta lika-likunya. Judulnya masih saya pertimbangkan, tapi pasti asyik untuk membahasnya. Kita lihat aja besok wehehe…

Serial Tulisan #MurobbiSukses terbaru:

Leave a reply