Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

#22 Tingkatkan Kredibilitas Murobbi : Beri Teladan Kesederhanaan

“Pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka jahanam, lalu dibakar dengannya dahi mereka, lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka: “Inilah harta bendamu yag kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu” (QS. 9 : 35).

Keteladanan adalah cara ampuh mempengaruhi orang lain. Karena itu, jadikan keteladanan sebagai senjata utama mempengaruhi mad’u. Dari sekian banyak keteladanan yang perlu Anda lakukan, maka sikap sederhana merupakan pilar utamanya. Kenapa? Sebab sikap sederhana sangat efektif untuk membuat orang menaruh rasa hormat kepada pelakunya. Sebaliknya, bermewah-mewahan membuat orang iri dan benci kepada pelakunya. Orang yang suka bermewahan identik dengan orang yang egois dan tidak solider terhadap penderitaan orang lain.

Jika Anda sebagai murobbi hidup bermewahan, sulit bagi mad’u percaya bahwa Anda serius memperjuangkan nasib umat. Namun jika Anda bersahaja, mad’u akan percaya bahwa Anda tidak memperjuangkan diri sendiri. Mereka akan hormat dan segan dengan Anda. Apalagi jika mereka tahu, Anda sebenarnya dapat hidup mewah, kalau mau. Kesederhanaan merupakan daya magnet yang sangat kuat mempengaruhi orang lain. Inilah yang dilakukan Rasulullah saw ketika mempengaruhi orang lain, sehingga orang berbondong-bondong masuk ke dalam Islam.

Serial Tulisan #MurobbiSukses terbaru:

Leave a reply