Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

#19 Tingkatkan Kredibilitas Murobbi : Hapal beberapa ayat/hadits “favorit”

“Karenanya, al akh da’i harus selalu bersemangat membekali diri dengan ilmunya, menghafalkan ajat-ayat Qur’an dan hadist Rasul semampunya, selalu mentelaah sirah Nabawiyah dan sejarah Islam. Di situ ia akan mendapatkan bekal bagus yang dapat membantu dakwahnya” (Musthafa Masyhur).

Anda ingin menjadi murobbi yang tampak kompeten? Hapalkan sebanyak mungkin ayat dan hadits. Namun, jika Anda tak punya waktu untuk menghapal banyak ayat dan hadits, hapalkan saja beberapa ayat dan hadits “favorit”. Yakni ayat dan hadits yang sifatnya umum dan sering diungkap orang. Misalnya, surah 21 : 107, 3 : 85, 2 : 120, 2 : 108, hadits “ballighu ‘anni walau ayah, innamal a’malu bin niyyah, tholabul ilmi faridhotun ‘alal muslim, dan lain-lain.

Dengan menghapal ayat dan hadits “favorit” serta sering menyebutkannya di hadapan mad’u, Anda akan tampak lebih kompeten. Kekurangan Anda yang hanya hapal sedikit ayat/hadits akan tertutupi. Mad’u tak tahu bahwa Anda sebenarnya hanya punya hapalan yang itu-itu saja. Bahkan mungkin Anda sudah dipanggilnya dengan “ustadz”.

Suatu hal yang keliru, jika Anda jarang menyebut ayat dan hadist dalam penyampaian materi Anda. Kredibilitas Anda bisa berkurang, Anda mungkin dianggap mad’u kurang layak untuk membina mereka.

Serial Tulisan #MurobbiSukses terbaru:

Leave a reply