Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

#20 Tingkatkan Kredibilitas Murobbi : Berikan Informasi Eksklusif

“..Dan sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang beriman” (QS. 61 : 13).

Salah satu cara agar Anda cepat dipercaya mad’u adalah memberikannya informasi yang menurutnya eksklusif (istimewa). Informasi eksklusif dapat berupa informasi yang jarang diekspos media massa, informasi yang diekspos media massa tapi Anda mendapatkan informasi “bocoran” yang berbeda, informasi yang menurut mad’u adalah amniyah (padahal tidak), informasi tentang diri Anda yang belum banyak diketahui orang lain, dan informasi tentang rencana Anda terhadap halaqah atau terhadap diri mad’u.

Dengan memberikan informasi ekslusif, mad’u akan merasa dipercaya oleh Anda, sehingga ia pun akan percaya dengan Anda. Dari kepercayaan tersebut, ia akan lebih terbuka menyampaikan permasalahannya kepada Anda, sehingga Anda dapat lebih cepat dan tepat memahami mad’u. Pemahaman yang tepat terhadap mad’u akan memudahkan Anda dalam membinanya.

Namun perlu diingat, yang dinamakan informasi ekslusif bagi setiap mad’u bisa berbeda-beda. Bagi mad’u tertentu suatu informasi mungkin menurutnya eksklusif, tapi bagi mad’u lain mungkin tidak.

Selain itu, informasi eksklusif bukanlah informasi bohong (isyu). Jika informasi bohong yang Anda berikan, dan mad’u mengetahuinya, maka kredibilitas Anda akan turun. Bukan juga informasi eksklusif itu berupa informasi amniyah. Jika itu yang Anda lakukan berarti Anda telah melanggar amniyah.

 

Serial Tulisan #MurobbiSukses terbaru:

Leave a reply