Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

18 Cara Berterima Kasih kepada Guru

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Mereka berjasa namun sering terlupakan oleh kita.

Lupakan dulu guru yang galak, cerewet, dan jutek. Di atas itu semua mereka tetaplah manusia. Mereka juga butuh cinta dan kasih sayang.

Fakta bahwa mereka senantiasa bekerja keras untuk kita sangat jelas seterang mentari. Namun peluh mereka seringkali menguap begitu cepat sebelum kita sadar atas jerih payah mereka.

Di hari guru ini menjadi momen yang pas untuk kita memberi apresiasi untuk guru tercinta. Rasulullah SAW pernah bersabda :

“Hendaklah kalian saling memberi hadiah, niscaya kalian akan saling mencintai”. (Hadits Hasan, Riwayat Abu Ya’la dalam musnadnya, Lihat Shahiihul jaami’ no. 3004).

Nah, berikut ini ada 18 cara menyampaikan rasa terima kasih kita kepada guru yang bisa kamu coba salah satunya. Have a good try…

18. Berikan buah apel.

Sebuah apel memang tidak berarti apa-apa. Namun saat diberikan kepada gurumu tercinta hasilnya membawa suasana yang menghangatkan.

17. Sampaikan dengan kata-kata yang tulus.

Kalimat terima kasih yang tulus bisa memberi energi positif. Sampaikan mengapa kamu sangat mengapresiasi pengorbanannya.

16. Beri voucher belanja.

Cari tahu tempat belanja yang rutin gurumu kunjungi. Voucher belanja bisa mengurangi beban belanja mereka. Beberapa supermarket besar rutin mencetak voucher belanja untuk digunakan sebagai hadiah.

15. Bawa snack kesukaan mereka

Perhatian cemilan kesukaan gurumu. Gurumu pasti senang dibawakan cemilan kesukaannya. Dia akan merasa selalu diperhatikan muridnya.

14. Sampaikan dengan surat.

Meski terkesan tidak mengikuti teknologi, namun surat tertulis bersifat long lasting dan bisa menyimpan kenangan. Surat terima kasih akan menjadi memorable saat dibaca kembali di masa yang akan datang.

13. Beri mereka bunga.

Cara ini cocok untuk guru akhwat. Tidak ada wanita yang cemberut saat diberi bunga. Kamu akan amaze betapa indah senyuman gurumu ketika menerima paket bunga di hari guru.

12. Ketahui hari ulang tahunnya.

Beri kejutan di hari ulang tahun mereka. Bisa dengan memberi kue cake, bernyanyi bersama atau hadiah spesial. Minta ketua kelas memberi sambutan yang unforgettable biar jadi momen yang mengahrukan.

11. Tempelkan notes di meja mereka

Bayangkan begini : pagi-pagi mereka tiba ke sekolah, saat mendekati meja kerja mereka melihat penuh notes dari muridnya ditempel di meja kerja. Sulit mencari kebahagiaan yang bisa mengalahkan situasi gurumu saat itu.

10. Jangan buru – buru keluar kelas, bantu pekerjaan mereka.

Saat bel pelajaran selesai berbunyi, jangan buru-buru keluar kelas. Perhatikan pabila mereka harus membawa banyak buku untuk dikoreksi. Bantu meringankan beban mereka dengan membawakan tumpukan buku ke meja kerja mereka.

9. Jadilah siswa teladan.

Seringkali cara ini yang paling membahagiakan seorang guru. Membuat guru merasa ilmu yang diberikan tidak memjadi sia-sia akan memberi keharuan yang mendalam. Kebahagiaan yang mereka dapat dunia dan akhirat.

8. Belikan mereka oleh-oleh khas dari tempatmu berasal.

Hadiah untuk bu guru gak harus elegan. Dengan membawakan oleh-oleh khas daerah tempat asalmu bisa menjadi barang yang berkesan untuk mereka.

7. Jadilah Volunteer!

Kebanyakan guru merasa senang saat pekeerjaan kantornya dibantu. Biasanya cara ini efektif untuk guru sekolah.

6. Kunjungi rumah mereka saat mereka sakit.

Menjenguk sesama saudara muslim adalah kewajiban kita. Apalagi menjenguk guru kita sendiri. Kamu akan merasakan bentuk keakraban yang berbeda saat mengunjungi rumah guru. Bukan lagi hubungan guru dan murid namun bisa berlanjut persahabatan intergenerasi.

5. Posting di Facebook.

Hampir setiap guru di perkotaan memiliki akun facebook. Kamu bisa menulis status di wall facebook gurumu untuk menunjukkan apresiasimu.

4. Sampaikan ke kepala sekolah

Kamu bisa sampaikan testimoni mengenai kebaikan yang dimiliki gurumu. Dengan begitu kepala sekolah akan lebih menghargai posisi gurumu, dan siapa tahu akan menaikkan apresiasi sekolah terhadap kinerja mereka.

3. Peluk dan jabat tangan mereka.

Memeluk guru yang semahram membawa kehangatan hati dan kesenangan. Sampaikan rasa terima kasihmu di momen yang tepat seperti saat istirahat.

2. Kabari mereka saat kamu akan wisuda kuliah.

Sampaikan berita bahagia kelulusanmu kepada guru yang sangat kamu sayangi. Mereka akan bahagia ketika mengetahui mantan anak didiknya menjadi orang yang sukses. Sampaikan bahwa merek punya andil sehingga kamu bisa sukses seperti saat ini.

1. Jadilah yang terbaik di bidangmu.

Memiliki mantan murid yang sukses adalah dambaan semua guru. Mereka bisa berkata pada diri mereka sendiri : “itu anak didikku!” Saat kamu sukses maka pada saat itulah gurumu merasa pengajaran mereka menjadi sukses dan memberi pengaruh atas langkah-langkahmu mengejar kesuksesan.

Jangan Lebay

Satu hal yang perlu diperhatikan saat menyampaikan terima kasih kepada gurumu adalah jangan berterima kasih secara berlebihan, misalnya seperti memberi benda mewah atau uang yang banyak. Ingat, guru sebagai PNS(pegawai negri sipil) tidak boleh menerima gratifikasi selama bertugas. Jadi saya gak ingin terima kasih mu jadi bencana untuk karir mereka. Keep simple and honest aja.

Pernahkah kamu gunakan cara lain?

Setiap orang punya cara-cara yang berbeda dalam menyampaikan rasa terima kasih. Bagaimana dengan kamu?