Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

#15 Tingkatkan Kredibilitas Murobbi : Tambah Pengetahuan Anda

“Seorang da’i harus mengetahui berbagai persoalan agama, karena ia akan selalu menghadapi berbagai persoalan agama dan penafsirannya yang dihadapi oleh para pendukungnya. Disamping itu perlu juga memiliki wawasan fikir Islam, agar dapat memandang semua persoalan dan kejadian dengan pandangan Islam dan menghukumnya dengan kacamata Islam” (Musthafa Masyhur).

Sebagai murobbi, Anda jangan seperti jalan yang dilalui kendaraan. Artinya, Anda hanya dilalui mad’u Anda, karena pengetahuan Anda tertinggal dibandingkan mad’u. Mungkin pada awal halaqah, mad’u terkagum-kagum dengan pengetahuan Anda, tapi lama kelamaan kekaguman itu hilang. Mengapa? Karena pengetahuan Anda tidak bertambah. Mad’u hanya mendapatkan pengetahuan yang sama dari waktu ke waktu. Akhirnya, ia jadi bosan dan tidak antusias untuk halaqah karena suasana terlalu monoton. Mungkin ia akan lari dari Anda untuk mencari murobbi lain yang pengetahuannya lebih tinggi.

Oleh sebab itu, tambahlah terus menerus pengetahuan Anda, jika tidak ingin ditinggalkan mad’u (seperti jalan yang dilalui kendaraan). Banyaklah membaca, berdiskusi, mengikuti seminar, menghadiri forum-forum majelis ilmu, dan lain-lain. Tambahlah pengetahuan Anda dalam berbagai bidang, terutama bidang agama dan sosial. Juga tambahlah pengetahuan di bidang yang sesuai dengan potensi Anda.

Jika pengetahuan Anda tidak bertambah, Anda juga akan bosan menghadiri halaqah karena harus mengulang-ulang materi yang sama.

Serial Tulisan #MurobbiSukses terbaru:

Leave a reply