Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

10 Tips Jitu Rekrut Sebanyak Mungkin Anggota Rohis saat MOS

Dalam beberapa hari mendatang tiba masa perekrutan anggota ekskul baru. Rohis juga harus bikin persiapan sebaik mungkin untuk merekrut anggota sebanyak mungkin.

10 tips jitu ini semoga bisa menambah daya gebrak rohis kamu di mata peserta didik baru.

1. Curi start

Gak dosa kalau curi start. Kita harus agresif mengenalkan rohis lewat semua kemungkinan halal yang ada. Kamu bisa sebar brosur ke orang tua saat pendaftaran PPDB pertama kali. Atau… kamu juga bisa bikin spanduk selamat datang kepada orang tua dan peserta didik baru sejak masa orientasi pertama kali dimulai.

2. Infiltrasi panitia MOS

Tenpatkan kader – kader terbaik Rohis di kepanitiaan MOS. Lebih baik lagi kalau ketuanya dari Rohis. Tapi seenggaknya taplok dan pembina gugus upayakan berasal dari Rohis agar bisa direct selling ke adik-adik peserta didik baru.

3. Manfaatkan Istirahat Shalat

Bangun interaksi saat istirahat shalat dhuhur dan ashar. Ajak kenalan ke sebanyak mungkin peserta didik baru. Berbasabasilah untuk mengetahui sejauh mana mereka tertarik dengan kegiatan keislaman.

Saat shalat minta sukarelawan dari peserta didik baru yang terlihat jago adzan.

4. Cari tahu akun medsos peserta didik baru

Saatnya kita stalking! Cari sebanyak mungkin akun medsos peserta didik baru. Mention mereka di twitter. Invite mereka ke fanpage rohis atau official account line Rohis. Bangun interaksi maya seluas mungkin dan sekaligus perkenalkan kegiatan rohis di sana.

5. Buat stan ekskul Rohis yang atraktif.

Bikin stan pendaftaran yang beda dan menarik. Sediakan merchandise gratisan untuk 10 pengunjung pertama dan atau 50 pendaftar pertama. Peserta didik baru pasti suka ngumpulin merchandise dari sekolah mereka yang baru sebagai atribut kebanggaan mereka.

6. Gunakan strategi “Show All Force”.

Rohis kamu punya banyak anggota dan jaket yang keren? Kalo iya, tips ini cocok banget..

Sepakati satu hari dimana semua anggota kelas 2 dan 3 akan menggunakan jaket Rohis secara serempak. Strategi ini dinamakan “Show All Force”. Tujuannya memancing curiousity peserta didik baru dan membangun kebanggaan sebagai ekskul dengan anggota yang melimpah. Strategi ini bisa menciptakan efek “WOW” bagi peserta didik baru.

7. Manfaatkan “kekuasaan” pembina Rohis.

Kalau pembina Rohis kamu juga pejabat teras di sekolah, kamu bisa manfaatkan “kekuasaan” yang beliau punya untuk mempengaruhi peserta didik baru untuk mendaftar rohis misalnya lewat sambutan upacara atau di dalam kelas.

8. Manfaatkan juga momen “Roadshow” ke kelas – kelas.

Saya gak tahu apa Ekskul boleh Roadshow ke kelas-kelas selama MOS. Tapi kalau boleh, kesempatan itu jangan di sia-siakan.

Beberapa poin penting yang perlu kamu lalukan saat Roadshow :

★ Tanyakan ada yang ikut Rohis sewaktu SMP nya tidak, atau ada yang aktif di remaja mesjid di rumah tidak..

★ Sampaikan secara singkat dan padat kegiatan-kegiatan unggulan Rohis seperti tafakur alam, kemping, dan tabligh akbar Rohis.

★ Tugaskan egenda Roadshow ke anggota yang atraktif dan pintar melakukan presentasi. Peserta didik baru menyukai kakak-kakak rohis yang supel. Itu.

9. Kumpulkan no. Hape anak Rohis.

Ini teknik marketing yang cukup ngeluarin uang. Tapi terbukti efektif. Kumpulkan no.hape semua peserta didik baru. Promosikan Rohis via sms secara elegan. Sehari cukup 1 sms saja. Mudahkan pendaftaran cukup via sms, untuk selanjutnya menukar sms balasan dengan kit anggota Rohis baru.

10. Buat konsep demo ekskul yang megah.

Karena waktu demo ekskul terbatas, gunakan secara efektif. Beberapa penampilam yanv bisa kamu suguhkan selama demo ekskul :

★ Kabaret islami atau heroik ala palestina
★ Orasi tentang kebangkitan pemuda
★ Simulasi kegiatan rohis di atas panggung. Misal demo rihlah dan kemping

Bagaimana bro?

Tingkat keberhasilan dari tips- tips di atas berbeda-beda tergantung medan juga. Jadi bisa jadi sebuab tips ampuh untuk rohis kamu sementara tips lain ampuh untuk rohis yang lain. Adakah tips yang belum bisa kamu terapkan? Kenapa?