Jalan Mayang Asih Cijambe, Bandung Indonesia
+62 856-2426-2945

10 Alasan Tak Boleh Mengejek Jomblo

“Mblo, kapan nikah?” Pertanyaan semacam itu sering kita dapati di media sosial. Sebagian mungkin sekedar bertanya, tapi tak jarang disertai emotikon lucu dengan maksud meledek. Bahkan, kadang juga diikuti kata-kata atau gambar bernada mengejek. Misalnya: “Sandal jepit aja punya pasangan, kok kamu nggak punya?”

Jika sekedar mengingatkan atau mengakrabkan, mungkin tidak menjadi masalah bagi sebagian orang. Namun, sebaiknya hindari mencela jomblo mulai sekarang. Kalau perlu, hilangkan kosa kata “jomblo” dalam percakapan.

1. Melukai hati

Mungkin orang yang kita goda atau kita ejek tampak biasa saja merespon kata-kata itu. Atau ia diam tidak membalas komentar di media sosial. Kita pikir biasa saja. Namun, kita tidak tahu hatinya. Bisa jadi ia tersinggung atau terluka.

2. Haram mencela

Mencela jomblo, sebagaimana mencela orang secara umum, adalah hal yang diharamkan dalam Islam. Dalam surat Al Hujurat ayat 11 difirmankan Allah mengenai larangan ini. “Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka…”

3. Bisa jadi ia lebih baik

Menggoda dan mencela jomblo bukan hanya terjadi di kalangan umum. Kadang kita juga melihat fenomena itu di kalangan aktifis dakwah. Padahal yang masih jomblo bisa jadi lebih baik dari ia yang mencela. Misalnya yang jomblo telah berikhtiar untuk menikah sesuai petunjuk syariat dan telah menjaga diri dari hal-hal yang berbau maksiat.

4. Panggilan yang buruk dan tak disukai

Panggilan “Mblo” baik secara langsung di dunia nyata maupun secara tertulis di media sosial bisa jadi merupakan panggilan yang mengganggu seseorang. Tidak disukainya. Jika demikian, ia bisa masuk dalam kategori panggilan buruk yang dilarang dalam Islam. Apalagi jika setelah “Mblo” ada kalimat ejekan dan celaan.

“…dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan…” (QS. Al Hujurat : 11)

5. Membuatnya malu

Mungkin seseorang tidak sakit hati ketika disebut dan dipanggil Jomblo. Namun ketika panggilan itu digunakan di media sosial yang bisa dibaca oleh siapapun, bisa jadi ia akan malu. Apalagi jika disertai ejekan. [Muchlisin BK/bersamadakwah]

***
Bersambung ke
10 Alasan Tak Boleh Mengejek Jomblo – Bagian 2
***

The post 10 Alasan Tak Boleh Mengejek Jomblo appeared first on Bersama Dakwah.

Source: Bersama Dakwah Feed

Related Posts

Leave a reply